Lebih Kuat dari Sebelumnya

0
543

 

 

 

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Yakobus 1:1-8

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Kisah Para Rasul 3

 

*AYAT HAFALAN*

1 Korintus 10:13, Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Tantangan (ujian) atau masalah hidup tak selamanya membuat kita menjadi lebih lemah dan kalah. Kadang tantangan dan masalah perlu hadir untuk membuat diri kita semakin kuat dan lebih baik dari sebelumnya. Dr. Mark Serry pernah mengungkapkan bahwa, “Ujian dan masalah dapat memberikan kekuatan kepada kita untuk menjalani hidup.” Kesimpulan tersebut didapatnya saat melakukan survei terhadap 2.398 orang responden di Amerika Serikat secara acak. Para responden tersebut memberikan data tentang kepuasan hidup dan ujian hidup yang telah mereka alami. Dalam penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa dalam batas tertentu, ujian dan masalah justru membuat mereka semakin tegar untuk menghadapi ujian berikutnya. Adanya masalah dan tantangan hidup membuat mereka memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang merasa tidak pernah mengalami masalah.

 

Waktu begitu cepat berlalu, tak terasa berbagai tantangan dan persoalan yang berat di masa lalu ternyata dapat kita lalui. Kita hanya bisa bersyukur karena Tuhan yang telah memampukan kita untuk melaluinya. Namun, jika kita bisa belajar sesuatu dari pengalaman yang lalu, bukankah tantangan dan masalah itu telah membuat iman kita saat ini lebih kuat dari sebelumnya? Di dalam Tuhan, masalah dan tantangan sebetulnya bukanlah hal yang perlu ditakutkan. *Sebab selama kita bersama-Nya, kita pasti akan bisa melewatinya dan tentu saja, ketika kita berhasil mengatasinya, maka kita akan lebih kuat dari sebelumnya.*

 

Hari ini, *jika Anda sedang mengalami ujian dan tantangan hidup, yakinlah bahwa Anda pasti akan dapat melewatinya.* Temukan titik awal dari masalah itu, selesaikanlah satu demi satu masalah dengan kepada dingin. *Perkuat kepercayaan Anda lewat janji-janji Firman Tuhan. Perkuat doa-doa Anda kepada Tuhan. Izinkan Tuhan membentuk kehidupan Anda menjadi lebih kuat dari sebelumnya.* (FD)

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah Anda pernah ingin menyerah saat menghadapi tantangan dan masalah kehidupan? Apa yang Anda lakukan saat itu?

2. Bagaimana caranya agar kita tetap kuat menghadapi berbagai tantangan dan masalah dalah keluarga?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, aku sadar setiap tantangan dan masalah yang kuhadapi akan membuatku semakin kuat. Sebab itu sertai dan teguhkanlah iman percayaku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Datanglah kepada Tuhan, terimalah kekuatan rohani dari setiap Firman yang Anda baca.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Setiap tantangan yang Anda hadapi saat ini, akan membuat Anda lebih kuat hari esok. Tantangan hidup ini dimaksudkan untuk membuat Anda lebih baik, tidak pahit.” – Roy T. Bennet*

 

 

_*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here