Ucapan “Sudah Selesai” di Kayu Salib”

0
3022

 

 

 

Oleh: Pdt. Stefanus Hadi Prayitno

 

Dua kata di atas *“Sudah Selesai”*  merupakan dua kata terakhir yang Yesus ucapkan sebelum Dia menyerahkan nyawaNya di atas kayu salib. Kita bisa membaca peristiwa ini di dalam (Yohanes 19:30).

*Kata-kata ini tidak terdapat di ketiga Kitab Injil lainnya (Matius, Markus, dan Lukas), karena “pada saat kejadian Yesus mengatakan hal ini, mereka tidak ada di sana, mereka melarikan diri”.

 

Hanya *”Yohanes”*, satu-satunya murid Yesus, yang berada di tempat kejadian, menyaksikan sepenuhnya penderitaan yang dialami Yesus.

 

Kedua kata ini memiliki makna yang sangat dalam di dalam kehidupan ke-Kristenan. Jika kita tidak memahami arti dari perkataan Yesus yang satu ini, mungkin sekalipun kita sudah menjadi orang Kristen sejak lama, kita bisa kehilangan bagian terpenting dari kehidupan Kekristenan, yaitu pengorbanan Yesus di atas kayu salib..

 

Kata “Sudah Selesai” ini ditulis dalam bahasa Yunani “tetelestai”, beberapa orang menulis “teleios”, atau dalam bahasa Ibrani “Kaw-Lah”.* Artinya sudah selesai, sudah sempurna, semuanya sudah sesuai yang direncanakan, semua sudah sesuai dengan yang diinginkan, dan semuanya sudah diterima.

 

Banyak orang Kristen berpikir, bahwa Yesus hanya menyelesaikan sebagian atau sebagian besar apa yang diinginkan Bapa Sorwagi*. Tapi, bukan itu yang dikatakan oleh AlKitab.

AlKitab mengatakan Yesus sudah menyelesaikan semua yang diinginkan dan direncanakan Bapa_.

 

Dan Yesus menyelesaikannya dengan sempurna, tanpa kekurangan sesuatu apa pun.

Kita tahu betapa pentingnya fakta ini. Ini merupakan fakta yang seringkali dilewatkan begitu saja orang Kristen dan gereja pada umumnya. Kebanyakan orang mengatakan bahwa masih ada hal-hal yang belum diselesaikan oleh Yesus. Pekerjaan Yesus belum tuntas. *Itu yang menyebabkan begitu banyak orang Kristen mencoba melakukan sesuatu untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka pikir belum diselesaikan oleh Yesus.*

Baca juga  PENANTIAN MEMBUAHKAN PENGHARAPAN

 

Berikut 10 hal yang Yesus selesaikan di atas kayu salib:

 

1. Menghapuskan seluruh dosa dunia: dosa yang dulu, sekarang, dan akan datang (Ibrani 9:28, Ibrani 10:10-21)_

 

2. Menanggung setiap jenis sakit penyakit (1 Petrus 2:24, Yeremia 33:6).

 

3. Mematahkan segala jenis kutuk Hukum Taurat (Galatia 3:13)

 

4. Mematahkan kemiskinan supaya kita hidup diberkati (2 Korintus 8:9)_

 

5. Melepaskan kuasa bagi semua orang yang percaya kepada Yesus (Yohanes 1:12).

 

6. Memberikan hati yang baru sehingga Roh Kudus dapat tinggal di dalam setiap hati manusia (Yohanes 14:26, Roma 8:11).

 

7. Mengembalikan hubungan antara TUHAN dan manusia (Matius 27:51).

 

8. Memberikan kehidupan kekal bagi orang percaya (Yohanes 3:16, 1 Korintus 15:54-55)_

 

9. Membatalkan Hukum Taurat dengan segala peraturan dan ketentuannya (Efesus 2:15)_

 

10. Dikuduskan, dibenarkan, disucikan sekali untuk selama-lamanya (Ibrani 10:10)_

 

Apa yang paling menyenangkan dari kebenaran di atas?

 

Semuanya diberikan secara cuma-cuma kepada kita. Firman Tuhan katakan dalam Roma 3:34 bahwa kita telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Tuhan, namun oleh kasih karuniaNYA kita dibenarkan dengan cuma-cuma melalui karya penebusan Kristus Yesus.

*Puji Tuhan, Dia berikan semua itu gratis bagi kita.*

 

Terimalah fakta bahwa kita dibenarkan dan dikuduskan oleh darah Yesus. Bukan karena perbuatan baik Kita, tetapi semuanya karena kasih karunia Tuhan untuk kita.*

Ayat 1 Korintus 1:30 mengatakan, “Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi Kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus Kita.”_

 

Selamat pagi saudaraku,  dan percayalah kepada karya salibNya. DarahNya yang kudus tercurah bagi kita, membasuh hidup kita dari hari ke hari, menjadikan kita benar dan kudus di mata Tuhan untuk selamanya.

Baca juga  PENANTIAN MEMBUAHKAN PENGHARAPAN

Amin JBU.all.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here