Apa Respons Kita atas Pengorbanan Kristus yang Begitu Besar??

0
1853

 

Oleh: P. Adriyanto

 

 

“Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.”

*1 Petrus 2:24*

 

Betapa luar biasanya pengorbanan dan keselamatan yang diberikan-Nya secara gratis kepada kita. Darah-Nya telah membasuh semua dosa kita agar kita kelak dapat masuk ke kerajaan Bapa di surga. Sungguh tidak ada seorangpun di dunia ini yang bersedia menderita dan mati untuk menggantikan orang lain yang seharusnya menerima penderitaan dan kematian tersebut (penderitaan dan kematian vikaris).

Yesus menderita mulai dari memikul salib ke Golgota, di cemooh sepanjang jalan, dicambuk, dipaku tangan dan kakinya di kayu salib, dicambuk 39 kali sehingga darah mengucur dari bilur-bilur-Nya, dimahkotai dengan mahkota duri dan lambung-Nya ditusuk oleh lembing. Selama penderitaan-Nya tidak ada.murid-murid-Nya yang berada di samping-Nya.

 

Apakah cukup kita hanya mengucapkan *kasihan* dan menangis karena miris ketika menyaksikan film *The Passion*?? Ataukah kita ikut mengutuk konspirasi antara ahli taurat dan orang-orang Farisi?.

*”Imam-imam kepala dan akhli-akhli Taurat berusaha untuk membinasakan Dia.”*

*Lukas 19:47*

 

Tuhan menghendaki kita untuk hidup kudus dan tetap tekun dalam mengupayakan keselamatan melalui hidup yang benar sesuai yang Tuhan kehendaki.

 

Mari kita renungkan dan benar-benar menghayati penderitaan Kristus.

 

# Karena kasih-Nya kepada kita, Yesus bersedia menjadi manusia dan merendahkan diriNya dan taat atas perintah Bapa-Nya sampai.mati.

*”Dalam keadaan sebagai manusia , Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.”*

*Filipi 2:8*

 

# Kita telah dibeli bagi Allah dengan darah-Nya.

Baca juga  ALLAH MENYONGSONG ORANG YANG BENAR

*”Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.”*

*Wahyu 5:9*

 

# Dunia membenci dan menganiaya serta menolak Kristus. Pada abad modern ini penganiayaan terhadap orang percaya masih terus berlangsung di sebagian belahan dunia. Bila orang-orang Kristen dianiaya, berarti mereka juga menganiaya Yesus (Kis 9:1~5; Kis 5:38~39)

 

Allah sangat mengasihi kita walaupun kita berdosa, oleh sebab itu kita juga harus mengasihi sesama kita sebagai respons yang positif terhadap pengorbanan Kristus di kayu salib.

*”Jika Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.”*

*1 Yohanes 4:11*

 

Kita harus berusaha menyenangkan hati Tuhan dengan hidup sesuai dengan perintah-Nya.

Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here