Nama yang Terdaftar di Sorga

0
840

 

 

 

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

 

 

Syalom dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

NAMA YANG TERDAFTAR DI SORGA.

 

Inilah sumber sukacita menurut firman Tuhan yang menjadi renungan pada hari ini. Selengkapnya berbunyi sebagai berikut: “Namun demikian janganlah bersukacita karena roh- roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu terdaftar di sorga.”(Lukas 10:20).

 

Satu hal yang perlu diketahui setiap orang, termasuk orang percaya di zaman ini adalah alasan bersukacita. Mengapa bersukacita? Ini pula yang menjadi pertanyaan penting bagi para murid Yesus, saat mereka melayani atau melakukan tugas pelayanan mereka.

 

Saat itu, Tuhan Yesus baru saja mengutus tujuh puluh orang murid untuk melayani di kota dan desa yang mereka tuju. Salah satu dari tugas mereka adalah melakukan pelayanan penyembuhan kepada orang-orang sakit dan memberitakan tentang kerajaan sorga (10:9). Tentulah mereka banyak melaporkan hal-hal yang mereka sudah lakukan dalam pelayanan mereka.

 

Disebutkan, mereka dengan gembira melaporkan hasil pekerjaan mereka. Termasuk dengan gembira mengabarkan bahwa setan-setan pun takluk kepada mereka demi nama Tuhan (10:17).  Ada banyak keberhasilan. Lalu, apakah mereka boleh mengalaskan sukacitanya pada hal-hal tersebut?

 

Yesus mengarahkan mereka agar memiliki alasan bersukacita yang benar. Bukan didasarkan atas keberhasilan atau capaian dalam pekerjaan (pelayanan) tetapi yang terutama adalah kepastian tentang nama mereka yang sudah tercatat (dicatat) di sorga. Nama mereka sudah tercantum di sorga. Mengapa? Karena mereka telah menerima anugerah keselamatan yang tidak pernah berubah. Yesus bersukacita karena kehendak Bapa sedang digenapi dalam kehidupan mereka.

 

Sebelumnya, merespon laporan mereka, bahkan Yesus katakan bahwa kepada mereka telah diberi kuasa untuk: menginjak ular dan kalajengking, menahan kekuatan musuh, sehingga tidak akan ada yang membahayakan mereka (10:19). Jika demikian, sebenarnya, sebelum mereja pergi melayani, Tuhan Yesus telah memperlengkapi mereka dengan kuasa untuk melakukan tugas pelayanan itu.

Baca juga  MENYEMBAH TUHAN DALAM ROH DAN KEBENARAN

 

Dengan kata lain, hanya karena anugerah dan pertolongan Tuhanlah yang membuat mereka dapat melakukan tugas mereka dengan baik. Dan memang ini amat benar. Semua karena anugerah. Anugerah sesuai dengan kehendak Bapa di sorga. Bukankah setiap orang dari kita juga selalu berharap dan menginginkan agar kehendak Bapa di sorga dinyatakan dalam hidup kita?

 

Dan untuk itulah, kepada kita semua menjadi penting untuk merenungkan ketaatan kita kepada Tuhan dalam nenuruti firman-Nya dan dalam melakukan tugas panggilan kita masing-masing. Ini akan memberi semangat bagi kita untuk selalu giat dalam melakukan tugas pelayanan itu, terlepas dari berhasil tidaknya pelayanan kita.

 

Mengapa? Karena kita yakin dan percaya sepenuhnya akan nama kita yang tercantum di sorga. YA, NAMA YANG TERDAFTAR DI SORGA.

 

Jadi ayat renungan kita hari ini mengajak kita semua untuk bersukacita dan benar-benar merasakannya, atas dasar keyakinan dan kepercayaan kita bahwa ada nama kita terdaftar di sorga.   “Bersukacitalah, karwna namamu ada terdaftar di sorga” (Luk.10:20b).

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here