Alangkah Baiknya Orang yang Menyerahkan Anak Manusia Tidak Dilahirkan

0
1186

*Renungan BGA (Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab : Markus 14:12-21*

 

 

*Syalom, sahabat-sahabat pembaca setia BGA ( Baca Gali Alkitab ) yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Beberapa pertanyaan seputar Yudas yang memgkhianati-Nya dengan menyerahkan-Nya kepada para imam :

 

1. Apakah Yesus tahu bahwa Yudas yang akan memyerahkan-Nya kepada para imam kepala ?

2. Jikalau Yesus tahu mengapa tidak dicegah atau bukan Yudas saja ?

3. Apakah Yudas berjasa atas kematian Yesus sebagai penebusan umat manusia dari dosa ?

 

Sebelum menjawab tiga pertanyaan diatas, marilah kita simak sebentar pernyataan-pernyataan Yesus sebelumnya :

 

1. Pemberitahuan tentang kematian Yesus sampai tiga kali ( Mrk 8:31, 9:31, 10:33-34 )

2. Pemberitahuan tentang kepada siapa yang akan ditemui dan tempat yang akan dipakai untuk mengadakan perjamuan Paskah ( 13-6 )

3. Pemberitahuan tentang orang yang akan menyerahkan-Nya beserta ciri-cirinya ( 18-20 )

 

*Sahabat -sahabat terkasih dalam Yesus,* dari tiga hal tersebut diatas menyatakan bahwa sifat Yesus adalah maha tahu, sebab pada hakikat-Nya DIA adalah Allah.

 

Yesus adalah Allah Yang Maha Tahu, dan dalam kemahatahuan-NYA, DIA tidak mencegah perbuatan Yudas Iskariot, seperti TUHAN  tidak mencegah Adam dan Hawa memakan pohon pengetahuan yang baik dan jahat yang dilarang itu. TUHAN memberikan kebebasan kepada manusia untuk memilih.

 

Oleh sebab itu dalam kemahatahuan TUHAN, DIA tahu apa yang akan dipilih oleh manusia bahkan sebelum dunia dijadikan, artinya dalam kekekalan, Allah sudah mengetahui apa yang akan terjadi dan apa yang akan dilihat manusia ciptaan-NYA.

 

*Sobat yang terkasih,* oleh sebab itu penebusan manusia dari dosa sudah ada di hati Allah sebelum dunia tercipta. Itu terbukti tatkala Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, TUHAN Allah sudah menyediakan penyelamatan ( Kej 3:15 ). Dan dalam keselamatan itu harus dipertemukan oleh Injil dan dalam Kristus ( Ef 1:3-14 ).

 

Dengan demikian tiga pertanyaan diatas sudah terjawab bahwa Yesus sudah mengetahuinya apa yang akan menimpa  dri-Nya, peristiwa-peristiwa yang akan terjadi baik terhadap diri-Nya maupun atas dunia ini, dan khususnya siapa yang akan menyerahkan-NYA, yakni salah satu dari keduabelas murid-NYA, Yudas Iskariot. Dan dalam hal ini Yudas Iskariot tidak memiliki jasa sekalipun.

 

Oleh sebab itu Yesus berkata tentang Yudas Iskariot :

 

*” Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.” ( 21 )*

 

*Sobat,* jangan sampai perkataan ini menimpa kita juga, dan tetap lakukan pekerjaan pemberitaan Injil sampai akhir. Sebab apabila sudah genap waktunya, Yesus datang menjemput kita yang percaya.

 

Tuhan Yesus memberkati

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here