Ekspedisi Alkitab Untuk Semua

0
803

Oleh: Sigit Triyono (Sekum LAI)

www.alkitab.or.id

Seorang kolega Pendeta di Semarang Jawa Tengah menginformasikan bahwa pada bulan Juli 2018 adalah bulan misi di gerejanya. Jemaat sudah sepakat pada bulan tersebut akan melakukan sesuatu yang signifikan bagi pekerjaan misi.

Panitia sudah dibentuk dan sudah ditetapkan sasaran misinya adalah Papua. Namun detailnya belum ditetapkan karena belum cukup informasi tentang keberadaan Papua.

Saya menceritakan bahwa sejak 2005 saya sudah bolak-balik menjalani tugas pelayanan di beberapa wilayah di Papua, mulai dari Wamena, Jayapura, Biak, Serui, Timika, Manokwari, Prafi, Nabire, Merauke sampai Tanah Merah (Ibukota Kabupaten Boven Digoel).

Saya mengatakan bahwa Lembaga Alkitab Indonesia tahun 2018 ini memiliki dua program yang sedang dijalankan dan membutuhkan peran semua gereja di Indonesia.

Yang pertama adalah upaya pemberantasan buta aksara melalui program pembaca baru Alkitab (PBA) di dua distrik Kabupaten Boven Digoel. Program 11 bulan ini menargetkan 700 peserta yang masih buta huruf akan mampu membaca menulis dan bacaan pertamanya adalah Alkitab.

Program kedua adalah mengupayakan untuk mengirim 10.500 Alkitab yang diperuntukkan bagi penduduk Kristen Protestan dan Katolik di Kabupaten Boven Digoel yang mayoritas kurang memiliki daya beli.

Boven Digoel adalah Kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Merauke di tahun 2012. Letaknya ada diantara Kota Jayapura  di sebelah utara dan Kabupaten Merauke di sebelah selatan.

 

Saya mengajak agar jemaat gereja di Semarang dapat dilibatkan dalam dua program di atas.

Bisa menjadi tenaga pendamping para tutor PBA beberapa minggu atau bulan. Kesempatan ini adalah kesempatan yang bagus terutama bagi jemaat muda untuk mengembangkan kedewasaan spiritualitas dan religiusitasnya.

Pilihan yang lain adalah menjadi peserta dalam Ekspedisi Alkitab Untuk Semua.

Baca juga  PENGURAPAN MENUJU PENOBATAN: KASUS DAUD

Jemaat di Semarang dapat berpartisipasi dalam pengadaan Alkitab (misalnya 5000 Alkitab) dan kemudian dikawal oleh satu rombongan dengan pembiayaan mandiri menuju Boven Digoel.

Program ekspedisi ini pastilah akan sangat membantu para jemaat di Boven Digoel yang kurang mampu membeli Alkitab sekaligus menginspirasi para peserta ekspedisi dalam pertumbuhan imannya.

Ajakan di atas tidak terbatas untuk kolega pendeta dan jemaat di Semarang Jawa Tengah, tapi sangat terbuka bagi siapa saja yang tergerak dan terdorong mewujudkan bersama “Alkitab Untuk Semua.”

*Lebih lanjut silakan kontak WA Ibu Erna: 0812-8517-415*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here