Barangsiapa Bertahan Sampai Kesudahannya akan Selamat

0
830

Oleh: Christian T

 

 

*Renungan BGA (Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab : Markus 13:3-13*

 

 

*Syalom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA( Baca Gali Alkitab ) yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun berhadapan dengan Bait Allah, maka bertanyalah Petrus dan kawan-kawan tentang kapan dan apakah tanda-tanda Bait Allah akan runtuh sampai pada kesudahannya (3-4). Pertanyaan ini melanjutkan pernyataan Yesus sebelumnya pada ayat 1 dan 2.

 

Ada dua hal yang ditekankan Yesus menjawab pertanyaan murid-murid-Nya, yaitu pertama  waspada dan hati-hati, dan kedua adalah tanda khusus.

 

Waspadalah terhadap :

 

1. Penyesatan.

Ada banyak yang akan mengklaim dirinya ,adalah mesias dengan memakai nama Yesus, sehingga banyak orang disesatkan. Dan banyak kabar-kabar tentang peperangan dan perang saudara, gempa bumi dan kelaparan. Banyak umat Kristus dianaiaya, diadili oleh majelis agama dan  di hadapankan ke pengadilan dan para penguasa, konflik keluarga, dibenci oleh karena nama Yesus.  (5-9,11-13a).

 

2. Sementara semuanya itu terjadi, ada tanda khusus, yaitu Injil harus diberitakan dahulu (10 ). Suatu keadaan yang paradoks dengan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi sebelumnya. Pemberitaan Injil akan secara masif dan simultan, baik secara individu maupun secara komunitas, secara terbuka ataupun tertutup, dan dalam setiap zaman TUHAN memakai orang-orang tertentu dalam suatu gerakan kebangunan rohani.

 

*Sahabat-sahabatku pembaca BGA yang terkasih dalam Yesus,* dua tanda-tanda itulah yakni tanda-tanda umum yang akan terjadi kepada seluruh umat manusia  dan tanda-tanda khusus yang akan menimpa umat Kristus dan pekerjaan TUHAN itu sendiri.

 

Namun sementara semua itu terjadi menjelang kepada kesudahannya, ada tips yang Yesus berikan dan janji, yaitu : Yang pertama adalah penghiburan  Roh Kudus akan senantiasa menyertai dalam segala keadaan dan dimana saja, serta apa yang harus dikatakan dan yang kedua adalah peneguhan bahwa barangsiapa yang bertahan akan selamat.

Baca juga  RESPON KITA AKAN MENENTUKAN KEMENANGAN KITA

 

*Sobat yang terkasih,* sejarah gereja adalah saksinya.  Matius mati disiksa dan dibunuh di Ethiopia, Markus mati diseret kuda di atas jalan yang berbatu di Alexandria, Mesir,  Lukas digantung di Yunani, Yohanes tetap hidup walaupun pernah digoreng hidup-hidup di dalam bak minyak yang mendidih di Roma dan akhirnya meninggal dalam pembuangan di Pulau Patmos dalam usia yang lanjut, Petrus disalib terbalik dan Andreas mati dengan disalib X di Yunani, Yakubus saudara tiri Yesus mati dilempar kebawah dari bubungan Bait Allah di Yerusalem, Yakubus anak Zebedeus mati dipenggal kepalanya di Yerusalem,  Bartolomeus mati dicambuk di Armenia, Thomas mati dilempar diboerapian di India, Yudas saudara Tuhan Yesus mati dipanah, Matias pengganti Yudas Iskariot mati dirajam dan dipenggal kepalanya, dan Rasul Paulus paling lama disiksa dipenjara dan akhirnya dipenggal kepalanya okeh Kaisar Nero pada tahun 67M. Inilah akhir hidup para rasul Yesus, dan masih banyak para hamba dan pengikut Kristus lainnya yang menjadi martir dalam tugasnya memberitakan Injil dan dalam mempertahankan imannya kepada Kristus.

 

Bagaimanadengan kita ? Apakah motivasi dan tujuan kita ikut Yesus adalah berkat dan berkat saja atau kesuksesan dan kesuksesan saja. Sudah berapa lama diantara kita yang dininabobokan oleh teologi kemakmuran atau kesuksesan ?

 

Di akhir khotbahNya di atas bukit Zaitun ini Yesus berkata :

 

” Kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya ia akan selamat.” ( 13 )

 

Dan nubuatan Tuhan Yesus bahwa Bait Allah akan runtuh tergenapilah pada tahun 70M dihancurkan oleh Kaisar Titus. ( 2 )

 

Kiranya Tuhan Yesus menolong dan memberkati kita semua sampai kedatangan Nya yang kedua kali yang tak lama lagi.

Baca juga  MENJALANI JALAN HIDUP DENGAN SABAR

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here