Banyak Muncul Nabi-nabi Palsu, Ujilah Roh-roh

0
535

Oleh: Stefanus Widananta

 

Saudara-saudara yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

 

1 Yohanes 4:1

 

Sudah seringkali kita mendengar istilah “nabi-nabi palsu”, namun seringkali kita berpikir, mereka adalah yang mengajarkan sesuatu yang jauh berbeda dengan firman Tuhan.

 

Namun, ternyata mereka tidak datang dari luar, tetapi justru muncul dari dalam tubuh gereja sendiri dan bukan itu saja, nabi-nabi palsu juga beroperasi di dalam gereja.

 

Hananya adalah seorang nabi, tetapi ia adalah nabi palsu, nubuat yang disampaikan Hanaya kedengarannya baik dan benar bahkan dia berani mengatakan, “beginilah firman Tuhan semesta alam”.

 

Nabi Yeremia menegur Hananya dan berkata, “Dengarkanlah, hai Hananya! Tuhan tidak mengutus engkau, tetapi engkau telah membuat bangsa ini percaya kepada dusta”.

 

Dalam buku iman dalam kehidupan, dikatakan bahwa mereka merasa mendapat pengurapan khusus oleh Roh Kudus.

Roh Kudus ini, menurut keyakinan mereka, mengaruniakan “gnosis” atau pengetahuan yang khusus inilah yang membuat mereka merasa lebih berkhikmat, lebih beriman dan lebih suci dari anggota-anggota gereja yang lain.

 

Kasih Tuhan selalu diukur dengan materi, berkat Tuhan melulu adalah soal materi, kesejahteraan atau kebahagiaan diukur dengan banyaknya target materi yang berhasil dicapai.

Status dan kedudukan di dalam masyarakat diukur dengan materi yang mereka kuasai, bahkan tidak sedikit hamba Tuhan telah mengukur panggilannya demgan materi, tidak sedikit juga hamba-hamba Tuhan yang meminta disediakan fasilitas bahkan ada yang memakai bodyguard.

 

Untuk itu, Alkitab memperingatkan kita agar janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu.

Baca juga  TULUS BERPELUKAN DEMI NKRI

 

Tuhan Yesus memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here