Yesus Kristus Telah Menjadi Batu Penjuru

0
1688

Oleh: Christian T

 

 

 

*Renungan BGA (Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab : Markus 12:1-12*

 

 

 

*Syalom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Perenungan BGA kali ini berbicara mengenai ” batu “. Apakah maksudnya batu disini ? Apakah batu ajaib, batu dari kawah gunung yang meletus, batu permata, batu kali untuk membuat jalan, batu karang, batu pahat yang dibuat patung  dan batu-batu lainnya ?

 

Bukan batu-batu yang disebutkan di atas, melainkan batu penjuru.

 

Benda ini disebutkan oleh Yesus dengan mengutip Kitab Mzmur 118 :22, setelah Yesus memberikan perumpamaan tentang penggarap-penggarap kebun anggur yang menceritakan ada seorang pengusaha anggur membuat kebun anggur dengan dikelilingi pagar, menggali lubang untuk memeras anggur dan dibuatkan menara jaga, lalu menyewakannya kepada para penggarap, sedangkan pemiliknya ini pergi ke negeri lain. Dan ketika tiba musimnya, sang pemilik ini mengirim hamba-hamba-Nya untuk menerima sebagaimana dari hasil itu. Namun apa yang terjadi ? Ternyata hamba-hamba-Nya ada yang dipukuli, dianiaya, dan juga ada yang dibunuh. Dan terakhir dikirim-Nya-lah anaknya dan ternyata dibunuh pula karena mereka berpikir bahwa anaknya adalah ahli warisnya.

 

Sahabat-sahabat BGA yang dikasihi Tuhan Yesus, inilah makna dari perumpamaan ini bahwa pemilik kebun anggur itu adalah Allah Bapa, para penggarap adalah bangsa Israel yang diwakili oleh para imam, ahli Taurat dan orang Farisi, hamba-hamba-Nya yang dianiaya dan dibunuh adalah para utusan atau nabi Allah, dan anaknya yang dibunuh juga adalah Yesus.

 

Mendengar perumpamaan ini, mereka ingin menangkap Yesus karena mereka tahu bahwa merekalah yang dimaksud dengan perumpamaan ini. Mereka-lah yang dimaksud dengan penggarap-penggarap yang akan membunuh Yesus dan nenek moyang mereka juga yang telah membunuh para utusan atau para nabi Allah.

 

Sahabat-sahabat yang terkasih, seperti pada waktu sebelumnya, Yesus telah mengatakan sampai tiga kali bahwa Anak Manusia harus banyak menanggung penderitaan, ditolak oleh para tua-tua, imam-imam kepala dan ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit setelah tiga hari ( Mrk 8:31, 9:31, 10:33 ).

 

Kematian dan kebangkitan Yesus telah menjadi batu penjuru. Apakah batu penjuru itu dan apa yang dimaksud dengan telah menjadi batu pejuru ?

 

Batu penjuru ( the head of corner, KJV ) adalah batu yang disusun di sudut-sudut sudut yang tersembunyi dan saling tersambung sehingga menjadi tiang-tiang penopang berdirinya sebuah bangunan / istana ( Maz 144:12 )

 

Yesus Kristus telah menjadi batu penjuru, batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan artinya Yesus yang telah ditolak dan dibunuh oleh umat pilihan-Nya sendiri, Israel dan dibuang telah menjadi pendiri dan kepala tubuh, umat pilihan pengganti Israel, yakni gereja ( tubuh Kristus ). ( Kisah 4:12, Ef 2:19-22, 1 Pet 2:4-10 ).

 

*Sobat yang terkasih dalam Yesus, marilah kita menjadi batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu Imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah ( 1 Pet  2:5 )*

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Salam dan doa.

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here