Berusahalah dengan Sungguh-sungguh

0
506

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

2 Petrus 1:10, Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.

 

Sebuah tanggungjawab pribadi kepada Allah mengenai iman kita selama di dunia ini. Allah memanggil dan memberikan anugerah yaitu keselamatan yang dilakukan oleh Yesus Kristus kepada manusia.

Pertumbuhan iman orang Kristen memiliki perjalanan yang berbeda-beda dari hari ke hari, Minggu ke Minggu, bulan ke bulan, tahun ke tahun. Semua itu akan dapat kita lihat dari respon mereka akan perintah dan rencana Allah akan dirinya.  Bukan hanya itu saja, umat juga perlu memperhatikan pilihan mereka untuk beriman kepada siapa? Tentu kita sepakat hanya Allah saja pilihan kita dan mereka dan tidak ada yang lain, tetapi sebagian dari mereka memilih allah lain. Mengenai pilihan dan respon tersebut akan menunjukkan siapa kita. Tetapi, Pilihan dan respon akan Allah (pilihan) itu merupakan suatu kombinasi iman yang baik dan teguh. Pilihan itu adalah memilih Allah sebagai juruselamat melalui Yesus Kristus.

 

Ini adalah Khotbah Petrus yang terakhir untuk menyampaikan kabar baik kepada jemaat yang dilayani. Menurut Petrus masih banyak jemaat yang buta akan pilihan didalam imannya. Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang. Melalui kabar baik ini Petrus menegaskan bahwa jemaat harus lebih jeli melihat pilihannya untuk mengisi dan membantu pertumbuhan imannya. Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung. Jika pilihan kita sudah benar dan tepat maka kita tidak akan pernah tersandung oleh apapun.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

Saudaraku kekasih, memang kita sudah memilih Allah sebagai juruselamat kita melalui Yesus Kristus di dalam hidup kita. Namun, apa respon kita setelah memilih Yesus Kristus sebagai juruselamat kita? Apakah kita hanya sebatas memilih tanpa mau memberikan respon kepada pilihan kita itu? Melalui firman Allah pada hari ini, kita diajak untuk tetap memberikan respon akan pilihan kita yaitu berusaha dengan sungguh-sungguh agar pilihanmu semakin teguh. Berusaha dengan sungguh-sungguh maksudnya adalah memiliki sikap berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang. Untuk itu saudaraku marilah kita bersungguh-sungguh untuk pilihan kita melalui respon kita melalui sikap hidup kita setiap hari. Amin

HAPPY DAY

Selamat beraktivitas untuk kita semua
Salam Marturia
Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here