Pergunakan Kemerdekaan Kita untuk Melayani Tuhan

0
1275

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

 

Galatia 5:13, Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

 

 

Pengertian kemerdekaan adalah kita diberikan kebebasan untuk memilih dan bertindak, sesuai pilihan dan kehendak kita sendiri atau sesuai kehendak/norma/peraturan umum yang berlaku. Kemerdekaan dalam pengertian dasar iman Kristen adàlah kemerdekaan dan pembebasan dari perbudakan dan ikatan dosa. Kristus telah mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita dan telah memerdekakan kita dari perbudakan kuasa dosa. Kita menjadi manusia merdeka, yang lepas dari ikatan-ikatan dan perbudakan dosa dengan kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita. Dan mau hidup kudus di dalam Roh Kudus dan kebenaran Firman Tuhan. Dengan bertobat dan meninggalkan dosa-dosa (perbuatan-perbuatan) lama kita seperti percabulan, perjinahan, praktek homoseks/lesbianisme, perselingkuhan, perdukunan, kesombongan, keangkuhan, egoisme, dan keinginan-keinginan daging yang bertentangan dengan Firman Tuhan,- dan dengan hidup dalam kuasa dan bimbingan Roh Kudus, kita menjadi anak-anak Allah yang merdeka dan bebas dari perbudakan dosa.

 

Kemerdekaan adalah sebuah aturan yang baru saja ditetapkan dan harus dilakukan. Merdeka bukan berarti bebas melakukan apa yang diinginkan di dalam hidupnya. Ketika aturan itu telah ditetapkan disuatu keputusan tertinggi maka keputusan itu akan membawa kemerdekaan bagi banyak orang. Salah satu contoh aturan untuk rakyat umum adalah dilarang membuang sampah sembarang, sebab sudah banyak tulisan yang mengacu kepada penegasan buanglah sampah pada tempatnya. Jika hal kecil ini juga kita tidak dapat mematuhi maka akibatnya akan kita tanggung bersama bahkan akibat buang sampah sembarang akan diterima oleh keturunan kita. Mematuhi aturan dan melakukannya di dalam kehidupannya sehari-hari adalah sikap seorang yang telah merdeka dari belenggu penjajahan duniawi.

Baca juga  BERSANDARLAH KEPADA YANG KEKAL

 

Disini Paulus menegaskan pengertian merdeka dari belenggu dosa. Umat Tuhan yang sudah percaya bahwa dia telah ditebus oleh darah Yesus tidak lagi menyandarkan dirinya kepada hal-hal duniawi. Tidak lagi menyandarkan dirinya kepada arahan duniawi, tetapi mematuhi ajaran dan perintah Yesus Kristus saja. Sebab kita telah diselamatkan olehNya dari belenggu dosa. Dengan keyakinan penuh Paulus menyatakan bahwa mereka semua telah dipanggil oleh Yesus Kristus untuk merdeka. Dipanggil untuk merdeka adalah satu anugerah yang tidak terbayar oleh perbuatan manusia.  Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. Keselamatan yang telah diberikan oleh Yesus Kristus tentu harus kita beritakan kepada saudara-saudari kita yang lain untuk mewujudkan saling mengasihi diantara kita.

 

Saudaraku kekasih, kita adalah hamba Tuhan yang telah dimerdekakan dari belenggu dosa. Tetapi sadar atau tidak sadar kita masih sering melakukan dosa dan tinggal di dalam dosa. Seperti aturan yang telah kita dengar tiap Minggu, yaitu sepuluh hukum Taurat. Jauh yang paling besar pengajaran yang diberikan adalah mengasihi sesama manusia. Secara realitas kita sering mendengar dan menyaksikan kekerasan dalam rumah tangga, pertikaian, pencabulan dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan masih ada yang merasakan dan menerima kemerdekaan dari Yesus Kristus itu. Secara skala yang kecil, pelanggaran kita kepada Allah melalui ibadah, yaitu datang ke gereja sering terlambat. Ini juga bagian yang tidak menikmati kemerdekaan dari Yesus Kristus. Untuk itu saudaraku marilah kita patuhi segala aturan dan perintah Allah di dalam hidup kita agar kita mengalami kemerdekaan yang dari pada Tuhan, secara khusus hidup di dalam saling mengasihi. Amin

Baca juga  Tuhan Yesus Tidak Berubah

 

HAPPY TUESDAY

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here