Hidup Kristen Harus Berpusat kepada Kristus

0
586

Oleh: Stefanus Widananta

 

 

Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.

Yohanes 3;30

 

Sebagai orang percaya, seharusnya fokus hidup kita terarah kepada Tuhan atau God oriented atau Teosentris dan bukan antroposentris atau self oriented, itulah prinsip melayani yang dikatakan Yohanes Pembaptis, Tuhan harus makin bertambah sementara diri kita makin berkurang.

 

Ada motto yang berkata, “Melayani bukan dilayani”, tetapi dalam prakteknya, semakin hebat seseorang, semakin ingin dilayani, diservis dan dihormati.

 

Tuhan datang ke dunia bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani, oleh karena itu, mitivasi kita melayani Tuhan, adalah bukanlah pada apa yang akan didapatkan, tetapi apa yang sudah didapat.

 

Ia harus semakin bertambah dan kita semakin berkurang, dalam prakteknya memang tidak mudah, semakin manusia bertambah pintar, kaya, berkedudukan tinggi, justru Dia yang semakin berkurang dan kita merasa semakin hebat, paling suci

 

Saat Yohanes Pembaptis memulai pelayanannya, dia menyadari bahwa panggilannya adalah mempersiapkan jalan bagi Tuhan Yesus, dia bukan aktor utamanya, dia hanya “crew” yang tugasnya hanya mempersiapkan segala sesuatunya.

 

Dia mengatakan, “Kamu sendiri dapat memberi kesaksian bahwa aku telah berkata; Aku bukan mesias, tetapi aku diutus untuk mendahului-Nya”

 

Sudah sepatutnya kita meneladani Yohanes Pembaptis dalam melayani Tuhan, dalam kehidupan kita sehari-hari, biarlah Tuhan semakin berperan, semakin bertambah, semakin besar dan kita, ego kita, kehendak kita, semakin berkurang, semakin kecil.

 

Tuhan Yesus memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here