Doa Syafaat terkait Pilkada dan Pilpres

0
6608

Oleh: P. Adriyanto

 

 

“Pertama-tama aku menasehatkan: Naikkanlah permohonan doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan.”

*1Korintus 2:1~2*

 

 

Ternyata cukup banyak orang Kristen yang kurang paham arti dari doa syafaat, sehingga otomatis juga tidak pernah melakukannya dan tidak memahami. manfaat doa syafaat.

*Doa syafaat adalah doa untuk orang/orang orang lain yang kita panjatkan kepada Tuhan*

 

Apabila kita gali Alkitab, maka yang dimaksud dengan orang/orang-orang lain adalah:

* para pejabat – 1 Timotius 2:2

 

* hamba Tuhan – Filipi 1:19

 

* teman-teman – Ayub 42:8

 

* teman sebangsa – Roma 10:1

 

* orang sakit –  Yakobus 5:13

 

dan masih banyak lagi yang lain yang belum saya ketahui seperti doa syafaat untuk korban bencana alam, orang-orang miskin, orang-orang teraniaya seperti umat Kristen di Timur Tengah, anak-anak yatim piatu, dll.

 

Kita perlu mempunyai rasa empati yang tinggi terhadap orang-orang di sekitar kita yang mengalami masalah, penderitaan dan kedesakan. Kita juga punya Roh Allah dalam hati kita, sehingga kita harus mencontoh Yesus selaku pendoa syafaat utama.

 

Sesuai pengertian saya yang terbatas, manfaat dari doa syafaat adalah memberi kekuatan iman kepada kita, meningkatkan kepekaan terhadap penderitaan orang lain, dan  mendatangkan sukacita karena dapat memenuhi kebaikan yang Tuhan ajarkan yakni kita harus mencintai sesama manusia.

 

Tuhan juga menghendaki kita untuk berdoa bagi keselamatan negara dan bangsa kita, terutama pada tahun politik menjelang dilakukannya Pilkada secara serentak di seluruh Indonesia dan Pilpres. Sehingga perhelatan nasional tersebut dapat berlangsung secara tertib dan aman. Adalah sangat terlambat bila kita berdoa hanya pada hari H. Kiranya, Tuhan akan memilih pemimpin-pemimpin yang jujur dan  berkompetensi tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

Kita harus memohon hikmat dari Tuhan agar kitapun dapat memilih orang-orang yang tepat tanpa kita terpengaruh oleh hoax, kebencian agama, dan kampanye politik yang menyesatkan.

Amin.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here