Berhati-hatilah dalam Memilih Teman Bergaul

0
1283

Oleh: P. Adriyanto

“Sebab itu keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.”
“2 Korintus 6:17”

Ada kata bijak yang mengatakan bahwa bila anda bergaul dengan orang sukses, maka anda akan menjadi orang sukses.
Sebaliknya bila seseorang bergaul dengan orang-orang yang memiliki sikap mental dan perilaku negatif, maka orang tersebut akan tertular. Sikap dan perilaku negatif akan jauh lebih mudah menular seperti virus. Sayang banyak orang terutama orang-orang muda yang lebih memilih pergaulan yang bergelimang dosa seperti pergaulan bebas, LGBT, narkoba, (bagi para perempuan menjadi perokok), judi dan lain-lain.
Orang-orang muda yang percaya harus menjaga kelakuannya dengan mematuhi firman Tuhan.
*”Dengan apakah seorang muda menjaga kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”*
*Mazmur 119:9*

Nas di atas dengan jelas memberi peringatan keras kepada kita bahwa kita harus memisahkan diri mereka dari orang-orang berdosa yang penuh kenajisan.
Peringatan lain terdapat dalam Korintus 15:33~34:
*”Janganlah kamu sesat :* *pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. Sadarlah kembali sebaik-baiknya dan jangan berbuat dosa lagi.”*

Tuhan menghendaki kita melangkah dalam terang dan hidup sesuai firman, karena firman adalah pelita yang menerangi jalan kita agar kita tidak tersesat dan masuk ke jalan buntu.
*”Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.”*
*Mazmur 119:105*

Bila kita hidup oleh firman Tuhan, maka hidup kita tidak akan pernah berada dalam kegelapan (penderitaan, ketakutan, keputusasaan, dll).
Kita harus hidup dalam kebenaran, karena inilah yang merupakan kunci sukses kehidupan kita.

Kita adalah garam dan terang dunia, oleh sebab itu terang kita harus bercahaya di depan orang (Matius 5:16) dan bukan sebaliknya kita malah hanyut dengan pola hidup yang menjurus pada dosa. Kita tidak boleh hidup sesuai dengan kehendak kita sendiri dan atau dipengaruhi oleh pergaulan yang tidak baik.
Amin.

Baca juga  Tak Sekalipun Tuhan Ingkar Janji (2)

🥑🥦🥥🍅

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here