Celikkanlah Mata yang Buta

0
532

Oleh: Christian T

 

 

*Bacaan Alkitab : Markus 10:46-52*

 

 

 

*Syalom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA ( Baca Gali Alkitab) yang terkasih dalam Kristus,*

 

Setelah beberapa kali Yesus menegur murid-murid-Nya yang degil hati dan beberapa kali Yesus memberikan peragaan dalam pengajaran karena ketidakpengertian mereka. Dan terutama dalam tiga kali pemberitahuan bahwa Dia harus menjalani jalan penderitaan bahkan akan dibunuh oleh para tetua dan tokoh agama.

 

*Sahabat-sahabat BGA yang terkasih,* tetap saja para murid-Nya tidak memahaminya. Justru sebaliknya yang mereka pikirkan dan pertengkaran adalah hal-hal duniawi, kedudukan, kuasa.

 

Sementara Yesus berbicara dan memikirkan  hal-hal rohani dan Kerajaan Rohani, mereka berbicara hal-hal duniawi , hal politik, hal kerajaan dunia, pembebasan Israel dari kekuasaan Romawi.

 

*Sahabat BGA yang dikasihi Tuhan Yesus,* dalam perjalan keluar dari Yerikho, sekali lagi Yesus memperlihatkan dan memberitahukan kepada murid-murid-Nya bahwa celik mata jasmani bukan berarti celik mata rohani, demikian pula buta mata jasmani tidak berarti buta rohani. Hal ini dipertunjukkan dengan mencelupkan mata jasmani dari seorang pengemis buta yang bernama Bartimeus, anak Timeus.

 

Kali ini Markus mencantumkan namanya dan juga nama ayahnya. Mengapa ?

 

karena apa yang telah diperlihatkan oleh Bartimeus memiliki arti dan makna yang sangat penting yang harus diabadikan bagi generasi yang akan datang.

 

Sahabat-sahabat BGA, apa yang diperlihatkan oleh Bartimeus menunjukkan imannya sekalipun dia tidak dapat melihat secara jasmaniah, namun dia dapat mendengar. Melalui pendengaran inilah iman itu timbul atau  tumbuh ( Rom 10:17 ). Hal ini dapat dilihat dari teriakannya yang semakin keras sementara ditegor oleh orang banyak bahwa Yesus orang Nazareth ada di hadapannya  ”  Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku !”.

 

Sobat yang dikasihi Yesus, beberapa hari ini saya sedang banyak meluangkan waktu di grup diskusi atau debat.

 

Entah mengapa saya tertarik untuk masuk ke grup itu ?

Saya banyak melihat postingan mereka yang menyerang otentisitas Alkitab dan ketuhanan Yesus yang justru menggunakan ayat-ayat Alkitab itu. Oleh sebab itu saya menjelaskan ayat-ayat yang mereka gunakan tidak pada konteks yang sebenarnya sebagai alat untuk menyerang. [ sobat-sobat bisa melihat di grup semacam itu atau di dalam keseharian kita dengan mereka, berdoalah untuk hal ini ].

 

Sobat, kata Rasul Paulus bahwa pikiran mereka dibutakan oleh illah zaman ini *( 2 Kor 4:4 )* dan ada selubung yang menutupi mata mereka ketika membaca Kitab Musa, mereka tidak mengerti *( 2 Kor 3:13-14 ).*

 

Tetapi dilanjutkan pada *ayat 16-17* :

 

“Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya. Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan “.

 

Pada *ayat 14 d “*: …… , karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.

 

*Sobat,* marilah kita beritakan firman dan berdoalah agar Roh Allah bekerja sementara firman ditaburkan, karena setiap firman yang ditaburkan tidak akan berlalu dengan sia-sia melainkan ia akan melaksanakannya. *( Yes 55:11, Yoh 16:8-13 ),* dan ingatlah menjadi tugas dan kewajiban  kita untuk  mempertanggungjawabkan iman dan pengharapan kita *( 1 pet 3:15 ),* serta setiap kita, para sahabatku yang terkasih yang sudah, sedang dan yang akan membaca, menggali Alkitab memohon tuntunan-Nya.

 

*” Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu,*

*selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi* *tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa “.( Yud 1:22-23 )*

 

Kiranya Tuhan Yesus dan oleh pertolongan Roh-Nya yang Kudus menolong dan menuntun kita ke dalam seluruh kebenaran dan memberkati kita semua.

 

*Soli Deo Gloria*

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here