Tuhan Peduli terhadap Anak-anak

0
950

Oleh: P. Adriyanto

 

“Barangsiapa menyambut seorang anak seperti itu dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.”

 

*Matius 18:5*

 

 

Anak-anak adalah berkat dari Allah dan merupakan milik pusaka dari-Nya (Mazmur 127:3). Allah bahkan mengenal dan mengasihi seorang anak sebelum kelahirannya.

 

*”Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah nengenal engkau dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau.”

*Yeremia 1:5*

 

Namun banyak orang tua yang tidak berterimakasih atas anugerah Allah, dan mengabaikan  kasih-Nya terhadap anak-anak, sehingga mereka memperlakukan anak-anak mereka dengan kejam.

 

Pagi tadi saya menonton TVOne dan ada dua berita yang menyangkut kejahatan terhadap anak kandung:

 

* Seorang perwira polisi di Maluku telah memperkosa putri kandungnya sendiri.

 

* Seorang ibu telah menyiksa putranya dengan menyetrika anak tersebut, karena si anak tidak bisa mengisi daftar isian dari sekolahnya.

 

Itulah secuil gambaran dari banyak kekejaman terhadap anak-anak, sampai ada ada yang tega membunuh anak kandungnya sendiri.

 

Tuhan menyayangi dan memberkati keluarga Kristen yang hidupnya berkenan kepada-Nya, mulai dari sang istri yang mengandung, pada saat melahirkan dan Tuhan memberi bimbingan dan pengarahan (guidance) bagaimana mendidik anak-anak.

 

# Tuhan akan memberkati dan menyelamatkan perempuan yang percaya pada saat dia melahirkan.

 

*”Perempuan akan diselamatkan karena melahirkan anak, asal ia bertekun dalam iman dan kasih.”*

*1 Timotius 2:15*

 

# Tuhan memberi petunjuk bagaimana mengajar dan mendidik anak-anak.

 

*Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak menyimpang daripada jalan itu. “*

*Amsal 22:6*

 

Pada saat ini sedang terjadi seorang nenek berusia 70 tahun yang dimejahijaukan oleh 4 anak kandungnya sendiri, gara-gara  nenek ini menjual rumahnya tanpa sepengetahuan para anak-anaknya.

 

Kejadian ini membuktikan  pentingnya pendidikan anak-anak,  sehingga mereka patuh terhadap orang tua.

 

# Para orang tua harus. mengajarkan Firman kepada anak-anak mereka, sehingga sejak kecil mereka sudah mengenal Kitab Suci.

*”Apa yang kuperintahkan kepadamu*

*haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu.”*1

*Ulangan 6:6~7*

 

# Para orang tua harus mengajar anak-anak mereka  untuk percaya  kepada Allah dan membimbing mereka untuk menerima Yesus.

*¹ “Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan Tuhan akan kuajarkan kepadamu. “*

*Mazmur 34:12*

 

*²” Biarlah anak-anak itu datang kepadaKu. “*

*Markus 10:14*

 

Jika kedua orang tua sibuk dengan urusan sendiri-sendiri dan mengabaikan pendidikan kepada anak-anak, maka orang tua dan anak-anak akan menderita (broken home, terjerat narkoba, free sex, hidup tidak berkenan kepada Allah, perceraian, dll).

*”Anak yang dibiarkan akan mempermalukan ibunya.”*

*Amsal 29:15*

 

Hanya Tuhan yang dapat mengajarkan  pola kehidupan yang utama. Apabila anak-anak mendengarkan suara Tuhan dan mengikuti jalan Tuhan, maka mereka akan hidup sejahtera sampai dihari tua mereka.

Amin.

 

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here