Menjadi Pemimpin yang Berkualitas dan Berintegritas

0
1086

Oleh: Pdt. Dr. R. Romalbest,M.Sc

 

 

*Sobat terkasih*

 

Tak lama lagi Pilkada 2018 serentak akan digelar di berbagai daerah, untuk menentukan kepala daerah 5 tahun ke depan!

Masyarakat di daerah yang akan melangsungkan pesta demokrasi serentak sedang merindukan pemimpin mereka, yang pasti mereka ingin memilih individu yang dapat mereka percayai, orang yang berkarakter baik dan Jujur!

 

Jika anda ingin menjadi orang yang dapat dipercaya orang lain secara positif, anda perlu mengembangkan kualitas integritas dan menjalankannya sehari-hari, antara lain :

▪*TELADANKAN KARAKTER YG KONSISTEN* Kepercayaan yang kuat dapat berkembang hanya jika orang mempercayai anda “Sepanjang Waktu”. Jika mereka tidak pernah tahu dari saat ke saat apa yang akan anda perbuat, hubungan tersebut tidak akan pernah mendalam hingga ke tingkat kepercayaan yang penuh keyakinan!

▪*GUNAKAN KOMUNIKASI YANG JUJUR*, Agar layak dipercaya, anda harus seperti komposisi musik yang baik, *Kata-kata dan musik anda harus sesuai*

▪*HARGAI KETERUSTERANGANNYA* , Orang lain akan mengetahui kekurangan anda, walaupun anda mencoba menyembunyikan. Akan tetapi jika anda jujur dengan orang lain dan mengakui kelemahan, mereka akan menghargai kejujuran dan integritas anda. Mereka pun akan mampu berhubungan dengan anda secara lebih baik.

▪*TELADANKAN KERENDAHAN HATI*, Orang tidak akan mempercayai anda bila mereka sering melihat anda digerakkan oleh Ego, kedengkian atau keyakinan anda lebih baik dari mereka.

▪*PERLIHATKAN DUKUNGAN KEPADA ORANG LAIN*, Tidak ada yang mengembangkan atau menampilkan karakter anda lebih baik dibanding keinginan anda untuk mendahulukan orang lain. Bantulah orang lain meraih kesuksesannya sehingga anda pun ikut sukses.

▪*PENUHI JANJI ANDA*, Jangan pernah menjanjikan apapun yang tidak pernah anda dapat penuhi! Jika anda mengatakan akan berbuat sesuatu, *Laksanakanlah*! Cara yang pasti untuk merusak Kepercayaan orang lain adalah *Lalai memenuhi Komitmen anda*

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

▪*MILIKI SIKAP MELAYANI*, Kita ditempatkan di dunia ini bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani. Orang yang memiliki integritas adalah pemberi dan pelayan bukan penerima!

▪*DORONGLAH PARTISIPASI DUA ARAH DENGAN ORANG YANG ANDA PENGARUHI*, Ketika anda menjalani kehidupan yang penuh integritas, orang akan mendengarkan dan mengikuti anda. Ingat tujuan pengaruh bukanlah manipulatif, melainkan partisipasi. Bila anda menyertakan orang lain dalam hidup dan kesuksesan anda, anda benar-benar sukses secara permanen!

 

Kata orang kita tidak benar-benar mengenal orang lain sebelum kita mengamati orang tersebut sewaktu berinteraksi dengan anak kecil, ketika ban mobil kempes, ketika bos tidak sedang di tempat, dan ketika mereka pikir tidak seorangpun akan tahu!

Akan tetapi seseorang yang memiliki integritas tidak pernah kuatir tentang itu.

Tidak peduli dimanapun mereka berada, bersama siapa atau situasi jenis apapun yang mereka alami, mereka tetap konsisten dan hidup berdasarkan prinsip-prinsip mereka!

 

Pdt Dr R Romalbest,M.Sc

*Bishop WMC*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here