Pekerjaan Tuhan Tetap Ada

0
990

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

 

Pengkhotbah 3:14, Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia.

 

 

 

Sewaktu kita datang kerumah duka, tentu kita tidak jarang mendengar kalimat yang mengatakan bahwa semua yang ada di dunia ini ada masanya atau ada waktunya. Kalimat ini diambil dari kitab pengkhotbah 3, yang memperdengarkan bahwa semua yang di dunia ini ada masanya masing-masing. Hal ini mau menjelaskan bahwa kuasa manusia tidak dapat menahan atau menghalangi rencana Allah yang akan dinyatakan di dalam dunia ini. Sekuat, sehebat, sekaya, sepintar dan sesehat apapun kita Tuhan telah mengatur hidup kita didunia ini. Menambahkan dan mengurangi umur seseorang pun kita tidak mampu, sebab semuanya telah diatur oleh Tuhan yang menciptakan kita. Apabila kita telah diatur atau dipastikan akan mengalami kematian meskipun waktu dan tempatnya kita tidak tahu, apakah yang boleh kita renungkan dari firman Allah pada hari ini?

 

Saudaraku kekasih, firman Allah yang meneguhkan kita pada hari ini tertulis di pengkhotbah 3: 14, Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia. Ini adalah pengakuan dari penulis kitab Pengkhotbah ini bahwa Allah yang sumber mahatahu dan sumber kuasa di bumi dan dilangit telah mengatur seluruh siklus ciptaanNya. Siapapun yang menjadi ciptaan tidak mampu merubah dan menggeser ketentuan Allah bahkan satu menit pun manusia tidak berkuasa atas hidupnya. Ketidak berkuasaan manusia ini menjadi satu pelajaran yang berharga secara khusus untuk pertumbuhan dan keteguhan imannya kepada Allah. Takut akan Allah merupakan suatu sikap yang diinginkan oleh Allah atas kita sebagai ciptaanNya. Sebab Dialah yang mengatur semuanya yang ada di dunia ini, tugas dan sikap kita harus takut kepada Allah. Takut kepada adalah ada sikap yang selalu bersyukur kepada Allah, bukan takut dalam arti segan. Seberapa jauh rasa syukur kita sampai saat ini kepada Allah atas kesempatan hidup yang sehat dan bahagia?

 

Saudaraku yang kekasih, ingatlah bahwa kita akan mengalami kematian, kapanpun waktunya dan dimana pun tempatnya Tuhan sudah atur itu semua. Jika Allah telah mengaturnya, apakah yang boleh kita lakukan saat ini? Apakah kita masih hidup dalam sungut-sungut? Hidup dalam kebohongan? Hidup dalam kebencian? Mari saudaraku, Allah telah mengajak kita dekat kepadanya dan takut akan Dia. Apakah kamu mau dekat kepadaNya? Apakah kamu mau takut kepadaNya? Mulailah hidup dengan bersyukur, lakukan perintah Allah, dengarkan apa yang Dia katakan kepadamu. Sebab begitulah mengikut Yesus di dalam hidup orang percaya, sepeti khotbah Minggu lalu tentang mengikut Yesus harus menyangkal diri. Amin

 

HAPPY DAY

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here