Kuasa Firman Tuhan untuk Mentransformasi Manusia

0
2346

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang

 

 

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

Nabi Yesaya menjelaskan kepada umat Tuhan, kalau mereka berpaling dari dosanya dan percaya kepada Tuhan, maka mereka akan melihat Firman Tuhan bekerja dan melakukan perubahan-perubahan dalam kehidupan mereka.

 

Ayat renungan hari ini, menerangkan cara kerja Tuhan melalui firman-Nya, yang tidak pernah sia-sia, tetapi selalu membawa hasil seperti yang Dia kehendaki. Yesaya 55:10-11a: “Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikiankah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku.”

 

Pada ayat sebelumnya di padal 55 ini, nabi Yesaya telah mengungkapkan berbagai hal perubahan yang akan terjadi, saat Firman Tuhan diterima dan dipercayai dan dibiarkan bekerja dalam hidup setiap orang. Berubah dari hidup yang mengarah kepada kesiasiaan menjadi hidup yang mengarah kepada kebermaknaan (1-2). Dari hidup yang berakhir pada kematian menjadi dapat bagian dalam kehidupan (3-5). Dari hidup yang frustrasi karena harus menerima akibat kesalahan, kepada hidup yang penuh semangat dan pengharapan karena menerima kemurahan dan pengampunan Tuhan (6-7). Dan dari kecemasan dan ketidakpastian berubah menjadi keyakinan teguh dan kepastian (8-11).

 

Bila manusia mendengar, merenungkan dan menerima (memercayai) firman Tuhan dalam hidupnya, lalu dia menyadari keberdosaannya, menerima pengampunan dan hidup dalam pertobatan yang sungguh; maka ia akan menyaksikan, mengalami dan merasakan perubahan yang terjadi pertama-tama dalam kehidupannya sendiri. Hilangnya kecemasan, keraguan dan ketakutan, dan sejalan dengan itu mulailah masuk meresapi dirinya kepastian, keyakinan, iman, pengharapan; yang semuanya ini akan membawa irama dan warna baru dalam dinamika kehidupannya.

Baca juga  Langkah Pertama Menuju Penyelesaian Konflik

 

Di sini dengan jelas digambarkan oleh nabi Yesaya: “bagaikan air hujan yang turun ke bumi, mengairi bumi, membuat subur, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan,….”. Berlangsung dalam suatu proses rahasia (tidak dilihat mata kapan mulainya, bagaimana proses terjadinya) tetapi seiring berjalannya waktu, ternyata menumbuhkan benih, bahkan sampai berbuah, berbuah yang banyak, berbuah yang baik. Demikianlah, jalan-jalan Tuhan, tidak selalu seperti yang dipikirkan oleh manusia, bahkan sering melampaui akal budi manusia itu sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata TUHAN sedang menggenapi rencana-Nya di dunia ini, kepada semua manusia. Tidak ada yang percuma, tidak ada yang terbuang, dan tidak ada yang sia-sia. Segala sesuatu berlangsung sesuai dengan kehendak Tuhan. Itulah FIRMAN TUHAN YANG BEKERJA. FIRMAN YANG PENUH KUASA. FIRMAN YANG BERKUASA MEMBUAT PERUBAHAN. MELAKSANAKAN KEHENDAKNYA DI MUKA BUMI INI.

 

Ternyata, dalam perjalanan hidup manusia, juga hidup kita ini, banyak sekali rahasia yang belum (tidak) terselami oleh kita. Rahasia itu ada dalam pikiran dan karya atau pekerjaan Tuhan.  Namun, sebagai milik Tuhan yang amat dikasihi-Nya, kalau kita percaya akan kekuatan Firman-Nya, maka kita pun akan dapat menikmati berkat-berkat-Nya, yang menghibur dan menguatkan iman kita di sepanjang jalan hidup yang kita tempuh.   FIRMAN YANG BERKUASA MEMBAWA PERUBAHAN.

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. AMIN.

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here