Tuhan Berjanji akan Menjadikan Kita Sebagai Kepala dan Bukan Ekor

0
2006

Oleh: P. Adriyanto

 

“Tuhan akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman. Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu yang kusampaikan pada hari ini dengan setia.*

*Ulangan 28: 12~13*

 

Bila kita mendengar perintah Tuhan dan melakukan dengan setia, maka Tuhan berjanji untuk:

 

* memberi kesejahteraan kepada kita

* mengangkat kita menjadi kepala dan bukan menjadi ekor.

* kita akan tetap naik dan  bukan turun.

 

Janji di atas berlaku bagi semua orang, bukan hanya orang-orang yang sedang menempuh jalur karir di berbagai organisasi dan institusi,  di mana pangkat dan jabatan mereka akan terus menanjak dan tidak pernah didemosikan.

 

Pengertian yang lebih luas adalah :

¹ Tuhan akan mengaruniai kita dengan sikap mental dan perilaku,  punya nilai-nilai positif serta iman yang selalu memuliakan Tuhan, sehingga dapat menjadi panutan bagi orang-orang di sekitarnya.

*”Jadilah teladan bagi orang-orang percaya dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”*

*1 Timotius 4:12*

 

² Menjadi kepala juga bermakna bahwa kita juga akan lebih dari pada orang-orang yang menang.

*”Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang mengasihi kita.”*

*Roma 8:37*

Sayang banyak orang termasuk orang Kristen yang seringkali menempuh jalannya sendiri. Mereka tidak sabar dan percaya bahwa Tuhan pasti menyediakan jalan yang paling aman bagi mereka untuk menjadi kepala. Mereka sering mengambil jalan pintas  baik dalam mencapai kesejahteraan maupun jabatan, mereka lebih mengandalkan kepandaian, kekayaan dan jabatan daripada mendengar dan menaati perintah Tuhan, sehingga mereka akan tersesat dan jatuh ke bawah.

Baca juga  Kebiasaan Hidup yang Membawa Kebahagiaan: Memilih untuk Bersukacita

 

³ Kita tidak akan kekurangan apapun dalam kehidupan kita.

*”Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatu apapun yang baik.*

*Mazmur 34:11*

 

Agar Tuhan menjadikan kita sebagai kepala dan bukan ekor, kita tetap naik dan bukan turun, kita harus tetap setia dan patuh terhadap perintah Tuhan dan rendah hati serta selalu bersyukur atas segala berkat yang telah kita terima.

Amin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here