Tuhan Menjadikan Kita Ciptaan Baru

0
2579

Oleh: P. Adriyanto

 

 

“Jadi, siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu; sesungguhnya yang baru sudah datang.”

*2 “Korintus 5:17*

 

 

Hidup baru berarti meninggalkan kehidupan lama menjadi kehidupan yang berbeda. Sebagai contoh adalah hidup baru setelah pernikahan, di mana perilaku, sikap dan tanggungjawab suami dan istri tentu berbeda di banding pada saat mereka masih membujang.

Contoh hidup baru adalah yang dialami oleh Saulus, seorang pembunuh orang Kristen, bertobat dan menjadi Paulus yang merupakan rasul Kristus yang diurapi Tuhan.

Jadi kunci dari hidup baru adalah pertobatan, di mana kita harus meninggalkan cara hidup yang lama, tidak pernah lagi menoleh ke belakang, tapi selalu menatap ke depan seperti yang dikatakan oleh Paulus.

*”Aku melupakan apa yang telah ada di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang ada di depanku dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan surgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. “*

*Filipi 3: 13-14*

 

Agar memperoleh hidup baru, tidaklah cukup bagi kita untuk menerima Kristus dan bertobat. Kita harus selalu  hidup seturut kehendak Tuhan dan harus menjaga agar kebiasaan/hidup lama tidak bersemi kembali. Waspada terhadap pergaulan kita, karena kebiasaan buruk dan dosa mudah menular.

Jangan ada lagi noda kekafiran.

*”Sebab itu: keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.”*

*2 Korintus 6:17*

 

Hidup baru yang dianugerahkan Tuhan kepada kita, harus kita jaga dan tetap kokoh tidak tergoyahkan sehingga kita tidak lagi menghambakan diri kepada dosa.

*”Karena kita tahu bahwa manusia lama kita telah  turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa. “*

*Roma 6:6*

 

Sebagai pengikut Kristus, kita harus memuji dan memuliakan Tuhan setiap hari, karena Tuhan itu setia dan baik yang rahmat-Nya selalu baru setiap pagi.

*” Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya  rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi ; besar kesetiaan-Mu.”*

*Ratapan 3:22-23*

 

Bila kita ingin diselamatkan dan memperoleh jaminan hidup kekal di surga, kita harus hidup baru.

Amin.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here