BERKOMUNIKASI DENGAN BAHASA CINTA YANG TEPAT

0
441

 

 

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Lukas 2

 

*AYAT HAFALAN*

Efesus 5:33, Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Cinta bukanlah cinta hingga cinta itu diterima dan dirasakan oleh orang yang kita cintai. Cinta tidak dapat dirasakan atau diterima, sebelum dapat dimengerti. Untuk membangun pernikahan yang kuat, Anda harus berkomunikasi menggunakan Bahasa Cinta pasangan Anda, agar cinta Anda dapat dimengerti, dengan demikian dapat diterima dan dirasakan oleh pasangan Anda. Ketika Anda mengomunikasikan cinta Anda sesuai dengan bahasa cinta pasangan Anda, maka Anda mengisi tangki cinta pasangan Anda dengan efektif. Ekspresi cinta Anda akan dapat dimengerti dengan mudah, sehingga dapat dirasakan oleh pasangan Anda. Sebaliknya, mengomunikasikan cinta Anda bukan dengan bahasa cinta pasangan Anda, akan terasa sia-sia. Anda begitu lelah melakukan banyak hal untuk mengekspresikan cinta Anda, namun pasangan Anda tidak dapat mengertinya dan tidak dapat merasakannya. Pertanyaannya adalah sudahkah Anda mengetahui apa yang menjadi bahasa cinta pasangan Anda?

 

Dalam bukunya “The Five Love Languages”, Dr. Gary Chapman membagi *Bahasa Cinta ke dalam 5 kategori, yaitu:* *(1) Kata-kata yang Mendukung, (2) Tindakan Melayani, (3) Menerima Hadiah, (4) Sentuhan Fisik dan (5) Waktu Berkualitas.*

 

Perbedaan bahasa yang digunakan Anda dan pasangan Anda akan membuat tangki cinta Anda berdua sulit untuk dipenuhi. Ini sama saja dengan bahasa verbal yang biasa kita gunakan. Dapatkah Anda bayangkan betapa sulitnya berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia kepada orang yang hanya mengerti bahasa Tionghoa? Seperti itulah komunikasi cinta yang terjadi bila Anda berdua tidak berkomunikasi menggunakan bahasa cinta yang tepat. Kita memiliki kecenderungan untuk menyatakan cinta menggunakan bahasa cinta kita sendiri kepada pasangan kita. *Bila Anda berdua memiliki bahasa cinta yang sama, itu adalah berkat. Karena pada umumnya, pasangan suami-isteri memiliki bahasa cinta yang berbeda. Identifikasi dan belajarlah untuk berbicara menggunakan bahasa cinta utama pasangan Anda, agar dia dapat mengerti dan merasakan cinta yang Anda ekspresikan untuknya.* (HS)

Baca juga  SERAHKAN SEGALA KEKHAWATIRAN KITA KEPADA TUHAN 

 

 

*HIKMAT HARI INI*

*Cinta adalah bahasa universal, tetapi dapat mengekspresikan cinta dengan cara yang tepat dan selaras dengan kebutuhan pasangan Anda, adalah kunci menuju pernikahan yang bahagia dan lestari. – Dr. Gary Chapman, The Five Love Languages*

 

 

*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here