Kita Buatan Allah

0
929

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

Efesus 2:10, Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

 

Sebuah lirik lagu yang berjudul hati sebagai hamba, di dalam lirik lagu itu ada kalimat  yang menjelaskan tentang kita lagi ke dalam dunia ini tidak membawa apa-apa dan ketika kita juga meninggalkan dunia ini, tentu kita juga tidak membawa apa-apa. Lirik lagu ini tentu berdasarkan pengalaman iman yang luar biasa dimana pencipta lagu ini barang kali melihat status manusia di dunia ini, bisa juga penulis lagu ini melihat semakin banyaknya kesombongan yang terjadi dan lain sebagainya. Bila dipikirkan sepintas mengenai kelahiran dan kematian, memang benar bahwa kita tidak membawa apapun. Kita diciptakan oleh Allah melalui debu tanah dan mendapatkan pengajaran dari firman Allah yang menuntun kita melakukan yang baik di hidup kita. Hal yang baik itu banyak tetapi yang sesuai dengan kehendak Allah hanya melalui FirmanNya saja.

 

Siapa yang tidak bangga melakukan yang baik, apalagi yang sesuai dengan firman Allah. Allah adalah pencipta kita sebagai manusia ciptaanNya. Sebagai ciptaan tentu kita harus melakukan perintah yang menciptakan kita sebagai ciptaanNya. Didalam perjanjian baru kita juga dibaharui kembali melalui kematian Yesus Kristus di kayu salib. Melalui penebusan Yesus Kristus akan dosa-dosa kita maka kita diharapkan untuk melakukan dan menaati perintah Allah selama kita di dunia ini. Allah telah mempersiapkan yang baik yang sudah sejak lama dipersiapkanNya dan sekarang diulangi kembali agar dilakukan manusia. Secara prinsip tidak ada yang dapat disombongkan manusia untuk tidak melakukan perintah Allah yaitu melakukan yang hal baik. Baik itu harta, jabatan, kedudukan, pengetahuan, dan lain sebagainya. Justru setelah kita menerima semuanya itu tentu kita harus mau menaati dan melakukan yang baik sesuai dengan perintah Allah.

 

Saudaraku kekasih, pemahaman kita akan firman Allah pada hari ini mengarahkan kita kepada melakukan hal yang baik dan sesuai dengan perintah Allah. Apapun status kita saat ini, Allah telah melahirkan kita kembali melalui penebusanNya dikayu salib dengan tugas  kita untuk melakukan hal yang baik. Perkerjaan yang baik yang diperintah oleh Allah akan dapat dilakukan apabila kita mau tinggal di dalam Yesus Kristus. Sekarang apakah kita sudah hidup didalam Yesus Kristus? Atau kita melakukan yang baik karena ingin memperoleh sesuatu dari dunia ini? Perenungan ini tentu sangat mendalam sebab perbuatan baik itu adalah tugas dan tanggungjawab orang percaya yang tinggal bersama Yesus Kristus, bukan malah memotivasi kita untuk memperoleh keuntungan duniawi. Lakukan perbuatan yang baik  sebab itulah yang menunjukan hubungan kita kepada Allah. Amin

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here