Jangan Jemu Berbuat Baik!

0
1600

Oleh: Stefanus Widananta

 

Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa

Yakobus 4:17

 

Tuhan Yesus pernah mengecam para ahli Taurat dan orang-orang Farisi, karena mereka tahu banyak tentang firman Tuhan, namun tidak melakukan apa yang mereka ajarkan dan pelajari.

 

Dalam kehidupan dewasa ini, banyak orang enggan melakukan sesuatu yang baik karena tidak mau menjadi repot atau bahkan takut terseret dalam situasi yang tidak menyenangkan atau mendapat masalah atau cari aman.

 

Yakobus mengatakan oramg yang melihat dan tahu bagaimana seharusnya dia berbuat baik tetapi dengan enggan dan sengaja tidak mau melakukannya, ia berdosa.

 

Ungkapan “diam itu emas”, tidak selalu tepat diterapkan, karena kalau kita tahu itu benar, kita harus berbicara dan mengungkapkannya, tidak justru diam dan membiarkan pandangan atau perbuatan yang salah.

 

Paulus mengatakan, “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah”.

 

Ketika kita diberi kesempatan untuk semakin memahami kebenaran firman Tuhan, maka kita sebaiknya memohon agar Roh Kudus memampukan kita untuk berani melakukan kebenaran itu dalam hidup kita dan meningkatkan kepedulian kita untuk berbuat baik.

 

Jangan sampai kita berdosa karena tidak menghiraukan atau tidak melakukan sesuatu yang baik yang harus kita lakukan.

 

Kita seharusnya menjadi orang-orang yang tidak hanya tahu kebenaran, tetapi juga dimampukan untuk melakukannya.

 

Tuhan Yesus memberkati.

Baca juga  GEREJA 57 SEN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here