Iman dan Jumbai Jubah Yesus

0
1398

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA (Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab : Markus 6:-53-56*

 

 

*Ke mana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh (56)*

 

*Syalom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Setelah tiba mendarat di daratan Genesaret dan berlabuh disitu, maka orang-orang disitu mengenal-Nya dan mereka membawa orang-orang sakit dimanapun Yesus berada, baik di kota, di desa, di kampung-kampung, dan di pasar-pasar, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja dan menjadi sembuh.

 

*Sahabat-sahabat BGA yang terkasih dalam Yesus,* Yesus sungguh sudah menjadi selebritis. Dimana DIA berada selalu didatangi orang banyak yang membutuhkan pertolongan-Nya. Banyak diantara mereka yang disembuhkan. dari sakitnya yang hanya menjamah jumbai jubah-Nya.

 

Mengapa perempuan yang sakit pendarahan selama dua belas tahun dan orang-orang yang membawa orang sakit memohon hanya menjamah jumbai / jubah Yesus ? Mengapa tidak menjamah kaki, tangan atau bahu bahu Yesus atau anggota tubuh Yesus lainnya ?

 

Apakah arti dan makna jumbai jubah ?

 

Dalam Bilangan 15:37-41 : TUHAN memerintahkan bangsa Israel melalui Musa untuk membuat jumbai pada puncak baju mereka, dan meletakkan benang ungu kebiru-biruan pada jumbai-jumbai itu. Tujuannya adalah agar setiap kali mereka melihat jumbai itu, mereka akan selalu ingat segala Firman dan perintah TUHAN serta melakukannya, dan juga mengingat akan kebaikan-Nya yang telah membawa mereka keluar dari Mesir.

 

Jumbai jubah berbicara tentang :

 

1. Kuasa, otoritas dan kedudukan.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

Saat Daud memberitahukan bahwa ia telah memotong puncak jubah Saul, maka Saulpun mengerti bahwa ia telah kehilangan otoritas sebagai orang yang Diurapi TUHAN ( 1 Sam 24:5b,17)

 

2. Perlindungan dan pembelaan.

Nasehat Naomi pada Rut menunjukkan nasehat penggembalaan yang selalu mendorong untuk lebih dekat pada TUHAN. Rut kemudian mengajukan permohonan kepada Boas berkenan mengembangkan sayapnya untuk melindungi dirinya ( Bahasa Ibrani: sayap = *KANAPH* yang artinya jumbai jubah / ujung jubah ( Rut 3:9 )

 

3. Dalam Maleakhi 4:2 ” dengan kesembuhan pada sayapnya. Kata sayap disini dalam bahasa Ibrani juga ditulis *KANAPH* seperti dalam Rut 3:9 dan artinya jumbai jubah.

 

*Sobat-sobat yang terkasih dalam Yesus,* dalam pembacaan BGA kali ini, kita mau merenungkan:

 

1. Apakah kita masih percaya kepada Yesus sebagai TUHAN yang berkuasa dan berotoritas menyembuhkan segala penyakit, memulihkan dari berbagai masalah dan beban hidup, yang memelihara dan melindungi dari segala bahaya dan malapetaka.  Karena hanya dengan IMAN, maka mukjizat akan terjadi.

 

2. Apakah kita mau selalu mengingat Firman Tuhan dan mentaati segala perintah dan larangan-Nya, serta selalu mengingat akan segala kebaikan-Nya yang telah menyembuhkan, memulihkan dan terutama menyelamatkan.

 

3. Apakah kita mau aktif melayani-Nya, memberitakan Injil dan bersaksi bagi-Nya di kota, di desa, di kampung-kampung , serta dimana saja dan kapan saja.

 

Kiranya Tuhan Yesus menolong dan memberkati kita semua.

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here