Betapa Berharganya Manusia di Mata Yesus

0
703

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA (Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab: Markus 5:1-20

 

*Syalom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Tak terbayangkan ada kira-kira dua ribu jumlahnya roh-roh jahat yang merasuki seseorang yang tinggal di daerah Gerasa, dan namanya adalah Legion. Jumlah ini sesuai dengan jumlah babi yang akhirnya dipindahkan dari orang itu dan terjun kedalam danau dan mati lemas karenanya. Tak ada seorangpun yang mampu mengikatnya karena terlalu kuat dan selalu memutuskan dan membinasakan rantai yang mengikatnya.

 

Dan satu hal lagi yang menarik dari cerita ini adalah roh-roh jahat itu mengenal identitas Yesus. Dikatakannya bahwa Yesus adalah Anak Allah Yang Maha Tinggi. Roh-roh jahat itu juga memprotes campur tangan Yesus dan meminta untuk tidak menyiksanya dan memohon dengan sangat agar tidak mengusirnya dari daerah itu, tetapi memindahkannya ke babi.

 

Inilah cuplikan pernyataan roh-roh jahat ( Legion ) itu dengan teriakannya :

 

*”Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!” (7)*

 

Sahabat BGA yang terkasih dalam Yesus, dari perenungan BGA kali ada 3 hal yang menjadi pelajaran :

 

1. Betapa berharganya manusia di mata Yesus, sehingga lebih baik mengorbankan materi daripada yang menjadi korban adalah manusia. Orang yang dirasuki Legion ini akhirnya sembuh dari kerasukannya dan roh-roh jahat itu akhirnya keluar dari tubuhnya dan berpindah ke babi-babi yang berjumlah kira-kira dua ribu ekor dan akhirnya mati lemas.

 

2. Roh-roh jahat itu mengenal identitas Yesus, namun status mereka adalah musuh Nya. Memang ada dua jenis roh, yaitu: roh jahat dan Roh Kudus. Roh jahat adalah roh-roh yang memberontak terhadap Allah. Pemimpin mereka adalah Lucifer ( Iblis ) dan pengikutnya adalah setan. ( Yes 14:17). Sedangkan Roh Kudus adalah Roh Allah atau juga disebut Roh Penghibur atau juga disebut Roh Kebenaran (Yoh 16:7,13), pribadi ketiga dari Allah Tritunggal.

Baca juga  Faktor Kunci Sukses (Key Success Factor)

 

Pekerjaan roh jahat adalah menyiksa, menghancurkan, mengacaukan dan membinasakan (Yoh 8:44).

 

Puncaknya roh-roh jahat, roh-roh najis akan bersembunyi di Kota Babel, kota persundalan pada akhir zaman nanti dan Tuhan Yesus akan menghancurkannya dan akan dibuang ke lautan api untuk disiksa siang dan malam. (Wah 18-20)

 

Sedangkan pekerjaan Roh Kudus adalah menginsyafkan dunia akan dosa karena tidak percaya kepada Yesus, akan kebenaran karena Yesus pergi kepada Bapa, akan penghakiman karena penguasa dunia ini telah dihukum. Roh Kudus akan memberitahukan hal-hal yang akan datang, memuliakan Yesus, memberitakan tentang Yesus, dan memimpin kepada seluruh kebenaran (Yoh 16:8-15)

 

3. Kewajiban untuk memberitakan Injil dan bersaksi bagi Nya atas segala kebaikan TUHAN yang telah menyelamatkan, menyembuhkan, dan memulihkan agar banyak orang juga mendapatkan berkat dan diselamatkan, *serta supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku:* *”Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!( Fil2:10-11)*

 

*Sobat yang terkasih dalam Yesus,* kita dipanggil bukan hanya untuk menjadi anak-anak Allah dan diselamatkan, serta bukan untuk memperoleh kemakmuran, tetapi sesungguhnya adalah menjalankan misi Allah, yakni bersaksi bagi Nya dan membawa jiwa yang dicengkeram oleh roh-roh jahat atau illah-illah zaman ini yang membutakan mata rohani mereka. Karena di mata-Nya manusia itu sangat berharga.

 

Setiap detik dan setiap waktu kita berada pada posisi perang melawan *pemerintah-pemerintah, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini,  melawan roh-roh jahat di udara (Ef 6:12).*

 

Oleh sebab itu Rasul Paulus  menasehatkan agar kita tetap kuat di dalam TUHAN, di dalam kekuatan kuasa-Nya dan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah ( Ef 6:10-11,13)

Baca juga  PERGUMULAN

 

*Sobat,* ketika sekembalinya  ketujuhpuluh murid-Nya dari penginjilan, Yesus berkata  kepada mereka:

 

*”Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.*

*Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.*

*Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga.” (Luk 10:18-20)*

Oleh: Christian T

 

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here