Allah yang Memberi Pertumbuhan

0
1826

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

1 Korintus 3:6, Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.

 

 

Jika kita melihat pertanian di daerah Toba, Silindung, Samosir dan daerah lainnya, tidak banyak lagi yang melakukan usaha pertaniannya dengan tenaga sendiri. Dulu (sekitar tahun 2000)  masih banyak masyarakat yang mengelola lahan pertaniannya dengan tenaga sendiri meskipun saat itu bahasa yang dipakai adalah tenaga tolong menolong. Dari lahan yang pertama ke lahan yang berikutnya untuk memenuhi kerjasama yang baik dan maksimal. Saat ini, sudah ada yang mengupayakan tenaga orang lain dengan bayaran (gaji harian) bahkan dengan kemajuan teknologi saat ini, sudah banyak lahan yang terbantu dimaksimalkan. Semua usaha manusia tentu berbeda-beda dari waktu ke waktu, agar memperoleh hasil yang maksimal, tetapi perlu kita sadari saudaraku bahwa hasil semua usaha manusia telah diatur oleh Allah. Seperti lagu buku Ende kita nomor 373: manusia yang berusaha dengan ladangnya tetapi hasilnya ada ditangan Allah.

 

Akhir pekan ini kita diingatkan dengan berita sukacita dari rasul Paulus, yang tertulis di 1 Korintus 3:6, Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. Konteks pada jaman Paulus dan jaman kita masih sama eksisnya, sebab dikalangan kita saat ini masih ada yang bekerja sebagai petani, khusunya di Tapanuli, Samosir, Tobasa dan daerah lainya. Paulus menegaskan bahwa pelayanan yang dilakukannya dan dilakukan oleh Apollos adalah pelayanan bagi jemaat Allah, tetapi mengenai buah atau hasil dari pelayanan itu ada ditangan Allah. Sebab Allah lah yang mempunyai kuasa atas pelayanan yang diberikan oleh Paulus dan Apollos. Semua pelayanan itu dilihat oleh Allah dan Allah akan memberikan sesuai dengan pelayanan yang dilakukan kepada jemaat Allah. Memang ada dampak yang bisa kita lihat diantara jemaat yang pro dan kontra dengan Paulus saat itu. Tetapi apapun ceritanya, Paulus, baik Paulus dan Apollos adalah team kerja Allah untuk menyampaikan dan memberitakan firman Allah. Setelah itu, semua akan menerima hasil dari pelayanannya dari Allah. Allah adalah sang pemberi pertumbuhan dan buah pada setiap pelayanan yang kita lakukan dan yang akan datang.

Baca juga  ALLAH MENYONGSONG ORANG YANG BENAR

 

Saudaraku, mungkin saat ini kita sudah berusaha sekeras-kerasnya untuk memperoleh hasil yang maksimal dari apa yang kita kerjakan. Misalnya di dalam usaha, keluarga, pendidikan dan lain sebagainya. Hari ini kita diingatkan bahwa ketika kita menanam, menyirami, dan memupuknya  sekalipun, semuanya itu atas izin dan kuasa Allah sang pemberi pertumbuhan. Begitu juga akan pertumbuhan iman, kita hanya dapat mendengarkan, membaca dan melakukan firman Allah serta menyangkal diri. Sebab hanya Allah saja yang memberikan pertumbuhan iman kita. Jika iman kita ingin bertumbuh maka kita harus meminta kepada Allah, bukan kepada guru rohani atau kepada duniawi ini. Oleh karena itu, saudaraku serahkan dirimu kepada Allah agar Allah memberikan pertumbuhan itu kepada kamu. Amin

 

HAPPY WEEKEND

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here