Roh Kebenaran Memimpin Hidup Kita

0
553

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Syalom untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

Yohanes 16:13, Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

 

Di dunia ini kita membutuhkan 2000 ml O2 (oksigen) untuk bernafas selama satu menit, jika hitungan ini dikali selama 24 jam maka manusia membutuhkan 2880 L oksigen untuk melakukan aktivitas dan untuk beristirahat. Dari jumlah yang dibutuhkan itu, berarti tidak boleh kurang dari 2880 L oksigen yang kita butuhkan setiap harinya untuk melakukan aktivitas dan untuk beristirahat. Tanpa jumlah itu kita tentu akan mengalami perubahan dalam daya tahan tubuh, salah satunya adalah dapat menyebabkan ngantuk. Dari  fakta ini, kita dapat belajar bahwa oksigen yang tidak terlihat sekalipun dengan jumlah yang pasti kebutuhan kita merupakan suatu kebutuhan yang polos untuk membuktikan tubuh kita sehat (kesehatan jasmani).

 

Mengenai hal yang tidak terlihat juga diingatkan oleh Yesus kepada murid-muridNya. Yesus menjelaskan kepada mereka, Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ini adalah penjelasan Yesus ketika Dia sudah pergi kepada Bapa. Selama Yesus bersama dengan murid-muridNya, Yesus menjadi acuan dan pandangan bagi mereka. Tetapi setelah Yesus pergi, maka Roh Kudus yang akan menuntun kehidupan mereka. Dia yang mengarahkan murid-muridNya kepada kebenaran. Yesus juga mempertegas hal itu diberikan kepada mereka yang percaya kepada Yesus. Itulah pentingnya berita yang disampaikan oleh Yesus sebelum Dia pergi.

 

Kedua penjelasan ini menghantarkan kita kepada pemahaman akan pentingnya peranan oksigen dalam kehidupan kita agar tetap sehat, begitu juga peranan Roh Kudus di dalam kehidupan kita mengarahkan kita kepada kebenaran Allah. Ini bukan lagi nubuatan Yesus kepada kita, Tetapi ini adalah nubuatan yang telah dinyatakan di dalam kehidupan kita. Pertanyaaan yang mendasar, mungkin kita bisa merenungkan yang tidak terlihat di dalam hidup ini secara kasat mata, sangat berpengaruh di dalam hidup kita. Begitu juga dengan Roh Kudus yang telah diberikan Allah kepada kita, marilah kita mendengarkan apa yang diberitakan dan apa yang diberitakan Dia kepada kita. Amin

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here