Menghujat atau Menentang Allah Roh Kudus Tidak Diampuni

0
1673

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA (Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab : Markus :3:20-30*

 

*” Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia anakan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.” (Mark 3:28-29)*

 

Dinyatakan pula dengan kata lain di dalam Injil Matius

 

*” Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak (Mat 12:31)*.

 

*Syalom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata menghujat adalah mencaci, mencela, memfitnah. Sedangkan menentang artinya adalah melawan, memerangi, menolak, membangkang.

 

Pernyataan keras ini diucapkan langsung dari bibir Yesus, ketika sanak keluarga-Nya mencap-Nya bahwa Dia sudah tidak waras lagi dan para ahli Taurat mengatakan bahwa dengan kuasa Beelzebul, penghulu Setan Dia mengusir setan.

 

*Sahabat BGA yang terkasih di dalam Yesus,* banyak pertanyaan mengenai kalimat yang diucapkan Yesus ini sampai detik ini. Sebelum memahami ucapan ini, marilah kita melihat latar belakang peristiwa ini dan konteksnya saat itu.

 

Ketika itu banyak orang berkerumun di sebuah rumah mau mendengarkan dan menyaksikan pengajaran Yesus, sehingga mereka tidak dapat makan. Melihat hal itu kaum keluarga-Nya mau mengambil-Nya dan mengatakan bahwa Yesus sudah tidak waras lagi. Bahkan para ahli Taurat mengatakan. bahwa Yesus mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu Setan (20-22).

 

*Sahabat BGA yang terkasih,* apa respon Yesus menerima perlakuan dari kaum keluarga-Nya dan khususnya dari para ahli Taurat ?

 

Yesus menjelaskan kepada mereka suatu prinsip atau hal yang sangat mendasar bahwa Iblis tidak mengusir Iblis, suatu kerajaan dan rumah tangga tidak dapat bertahan kalau terpecah belah. Demikianlah kerajaan Iblis tidak dapat bertahan kalau ia memberontak pada dirinya sendiri dan kerajaannya terbagi-bagi. Sebuah rumah akan dirampok jikalau penghuninya yang kuat itu diikat dahulu.

 

*Sobat,* selanjutnya Yesus memberikan peringatan keras kepada mereka bahwa semua hujat manusia atau menentang Yesus akan diampuni, kecuali menghujat atau menentang terhadap Roh Kudus.

 

*Apa maksudnya ini ?*

 

Latar belakang dan konteksnya saat itu adalah bahwa mereka telah mendengar pengajaran-Nya atau firman Tuhan dan telah menyaksikan banyak hal spektakuler atau mukjizat yang dilakukan-Nya. Lalu bukannya mereka percaya dan menjadi pengikut-Nya, malahan mereka mencaci-maki, mencela, memfitnah, melawan, memerangi, menolak dan membantah dengan mengatakan bahwa dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan-lah yang dilakukan Yesus. Dosa inilah yang dimaksud menghujat atau menentang Roh Kudus. Dosa inilah yang tidak diampuni baik di dunia ini maupun di dunia yang akan datang. Inilah dosa kekal. Lautan api atau neraka-lah tempatnya.

 

Rasul Paulus mengatakan :

 

*”  Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus ” ( 1 Kor 12:3 )*.

 

Rasul Yohanes mencatat penglihatannya di Pulau Patmos dalam Kitab *Wahyu 20::11-15*

 

*” Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.*

*Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.*

*Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu “*

 

Peringatan bagi anda yang belum mau percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat :

 

Janganlah menghujat ( mencaci-maki, mencela, dan memfitnah ), menentang ( melawan, memusuhi, memerangi, menolak, dan memusuhi ) Roh Kudus, karena hal ini dikategorikan dosa kekal yang di dalamnya tidak ada pengampunan. Pekalah akan suara dan pimpinan Roh Kudus tatkala mendengarkan Injil atau firman-Nya dan menyaksikan hal-hal yang spektakuler yang dilakukan-Nya, jikalau tidak ingin dilemparkan ke dalam  lautan api atau neraka kelak !

 

Tuhan Yesus mengasihi anda dan saya.

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here