Yesus, Anak Manusia, adalah Tuhan atas Hari Sabat

0
3494

Oleh: Christian T

 

 

*Renungan BGA (Baca Gali Alkitab)

*Bacaan Alkitab : Markus 2:23-28

 

*Syalom, sahabat-sahabat setia pembaca BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Hari Sabat adalah hari ke tujuh yang merupakan  perhentian setelah enam hari lamanya Allah menciptakan langit dan bumi, serta segala isinya , lalu Allah memberkatinya dan menguduskannya ( Kej 2:1-3 ). Perintah untuk menguduskan Hari Sabat dipertegas oleh Allah pada hukum yang jelas empat dari  sepuluh perintah Allah ( Kel 20:8 ). Dan perkembangan selanjutnya hari Sabat ini menjadi legalistik. Pengurusan hari Sabat ini telah menggantikan posisi TUHAN, bukan TUHAN yang dikuduskan dan dimuliakan.

 

Sahabat BGA yang terkasih dalam Yesus, tentang hari Sabat ini juga dipergunakan lagi oleh orang Farisi untuk menyerang Yesus tatkala dilihatnya para murid-Nya memetik bulir gandum (23-24). Lalu Yesus menjawab mereka dengan mengutip apa yang telah dilakukan Daud ketika sedang lapar diberi roti sajian oleh Imam Abyatar di dalam Rumah Allah (25-26).

 

Dan yang penting dan merupakan prinsip utama apa yang dikatakan Yesus kepada mereka :

 

“Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat.” (27-28)

 

Sobat, Yesus menegaskan bahwa hari Sabat diperuntukkan untuk manusia agar manusia berhenti bekerja setelah enam hari lamanya, mengambil waktu istirahat dan beribadah kepada TUHAN dengan bersyukur dan bersukacita. Dan yang paling utama adalah bukan hari atau apapun yang kita sembah dan muliakan, tetapi TUHAN-lah yang harus dikuduskan dan dimuliakan. Mengapa demikian, sobat ? sebab Yesus yang adalah Anak Manusia itu adalah TUHAN atas hari Sabat.

 

*” Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian “( Yoh 4:23 )*

 

*” Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”  ( Ibr 13:5 )*

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here