Label Kristen Bukan Jaminan Untuk Memperoleh Kehidupan Baru

0
357

Oleh: P. Adriyanto

 

 

 

 

” Siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru, yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

*2  Korintus 5:17*

 

 

Siang tadi di Metro TV diwawancarai seorang selebriti ex pecandu narkoba yang sudah insyaf. Dia mengatakan bahwa pada saat hidupnya masih dikuasai iblis nsrkotika, dia sadar sesadarnya bahwa ada 3 konsekuensi yang dia hadapi yakni *rumah sakit, penjara dan kuburan*. Kalau hanya sadar dan hanya mengucapkan *say no to drug*, tidaklah cukup, tapi harus disertai dengan tekad untuk benar-benar meninggalkan narkoba.

Demikian juga orang Kristen, bila kita hanya sadar dan tidak mau bertobat, maka kita tetap tidak akan memperoleh keselamatan kekal.

Bertobat berarti merubah pola hidup, sikap mental dan perilaku 180 derajat.

Sayang  banyak di antara kita yang tidak benar-benar bertobat dan masih terikat pada kehidupan dan materi duniawi. Pada saat beribadah di gereja, mereka main gadget, pikirannya berada di luar gereja karena ingin buru-buru shopping, tidak benar-benar mengasihi sesama, dan sikap-sikap lain.

 

Ada beberapa nasehat/persyaratan agar kita dapat memperoleh kehidupan yang  baru:

 

1. Kita harus bisa memperbarui akal budi kita dan tidak terikat pada kenikmatan duniawi.

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik  yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

*Roma 12:2*

 

2. Kita harus yakin bahwa Kristus telah mengubur manusia lama kita.

” Karena kita tahu bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.”

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

*Roma 6:6*

 

3. Kita jangan menoleh ke belakang dan melupakan dosa-dosa kita yang telah diampuni Tuhan, seperti nasehat rasul Paulus di bawah ini:

“aku melupakan apa yang ada di belakangku  dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapan ku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan surgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.”

*Filipi 3:13~14*

 

4. Kita harus percaya bahwa kita telah dibaptis dalam Kristus dalam kematiannya dan beroleh hidup yang baru.

“Kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.”

*Roma 6:4*

 

Kita harus mengaku dosa dan pasti Tuhan akan mengampuni kita dan memperbarui hidup kita agar kita memperoleh keselamatan.

Amin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here