Tetap Lakukan Hal yang Benar

0
4777

*BACAAN ALKITAB HARI INI*

Mazmur 37:1-40

 

*BACAAN NDC BIBLE STUDY*

Matius 3

 

*AYAT HAFALAN*

Mazmur 37:3-4, Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Banyaknya tantangan dan cobaan yang dihadapi manusia, seringkali menggoda mereka untuk mengambil jalan pintas dalam menyelesaikan masalah mereka. Mereka lebih sering menggunakan prinsip “membenarkan segala cara” dibandingkan prinsip “menggunakan cara yang benar”.

 

Anda tentu ingat dengan Diego Armando Maradona, bintang sepakbola asal Argentina yang begitu dipuja di negara asalnya. Dari semua kehebatannya bermain sepakbola, ada satu hal yang tidak akan bisa hilang dari ingatan siapa pun. Ia pernah menggunakan tangannya untuk mencetak gol ke gawang Inggris pada pertandingan final Piala Dunia tahun 1986 di Meksiko. Memang saat itu wasit tidak melihat apa yang dilakukannya, tetapi juga tidak ada sportivitas dari seorang Maradona untuk mengakui kesalahan. Lihatlah hidupnya sekarang, walau masih ada yang memujanya, tetapi sesungguhnya masa depannya hancur. Ia bukanlah seorang bintang lapangan sejati. Ia terjerat masalah obat-obatan dan narkotika yang membawanya kepada kehancuran hidupnya.

 

Alkitab mencatat pemazmur satu waktu pernah mengalami pergumulan dalam hidupnya. Dia melihat banyak orang fasik sepertinya selalu menuai keberuntungan di dalam hidup mereka, sedangkan orang benar justru mengalami banyak kemalangan. Daalam kegundahan hatinya, Tuhan berbicara dalam hatinya. “Trust ini the Lord and do what ia right! Settle in the land and maintain your integrity!” *(Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang benar! Tinggallah di tanah ini dan pertahankan integritasmu. – Maz. 34:3 NET).* Dalam ayat selanjutnya, Tuhan menjelaskan kepada pemazmur dengan detail bagaimana akhir dari kehidupan orang fasik. Tak perduli apapun keadaan kita hari ini, apakah bisnis Anda sedang lesu atau Anda sedang mengalami banyak tekanan dalam pekerjaan, *tetaplah setia dan melakukan hal yang benar di mata Allah. Dia berjanji tidak akan membiarkan kita, Ia akan menolong dan menjawab doa kita dengan cara-Nya yang ajaib (Maz. 37:4).*

 

_*Maukah Anda tetap setia melakukan hal-hal yang benar dalam situasi apapun?*_ (FD)

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Apakah Anda pernah tergoda untuk melakukan hal yang tidak benar? Keputusan apa yang akhirnya Anda ambil?

2. Apa janji Tuhan jika kita setia melakukan hal yang benar dalam hidup kita?

 

*POKOK DOA*

Bapa di sorga, aku sadar bahwa aku melakukan kebenaran bukan untuk mengharapkan berkat dari-Mu, tapi terlebih karena aku mengasihi-Mu. Mampukanlah aku Roh Kudus untuk senantiasa melakukan hal yang benar dimana pun dan dalam situasi apapun. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Setialah untuk melakukan hal yang benar, meskipun tidak ada orang yang melihatnya.*

 

*HIKMAT HARI INI*

*Dari semua harta yang dimiliki orang-orang terhormat, tidak satu pun yang mempunyai harga yang lebih tinggi daripada karakter. – Henry Clary*

 

 

*Setiap Firman Tuhan yang kita aminkan, maka Firman Tuhan itu hidup dalam kehidupan kita secara nyata.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here