Siapa dan Apa yang Kita Ikuti dan Cari?

0
671

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab : Yoh 1: 35-42

 

*Syalom sahabat-sahabat setia BGA yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Tentu ada pertanyaan di pikiran para sahabat tentang apa yang dimaksud dengan pertanyaan siapa dan apa ?

 

Dalam konteks pembacaan renungan BGA ini pertanyaan tentang siapa adalah pertanyaan tentang siapa yang memberitakan dan apa yang diberitakan. Siapa yang memberitakan adalah Yohanes Pembaptis dan apa yang diberitakan adalah Yesus, Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.

 

Pada pemberitaan yang pertama tidak ada respon dari seorangpun (39), lalu seruan diulangi lagi pada seruan yang kedua setelah melihat Yesus lewat (36).

 

Apa respon orang yang mendengarnya terutama dari para muridnya? Ternyata ada dua orang muridnya yang langsung mengikut Yesus yang diserukan oleh gurunya dan tinggal di rumah-Nya (37-40).

 

Bukan hanya berhenti sampai disitu saja, salah seorang dari mereka, yaitu Andreas membawa Simon, saudaranya yang selanjutnya dinamakan Kefas yang artinya  Petrus (41-42).

 

*Sahabat yang terkasih dalam Yesus,* ada  tiga pertanyaan sebagai bahan refleksi dan juga untuk kita sikapi mengakhiri  tahun 2017 yang tinggal beberapa hari ini dari peristiwa yang dicatat oleh Rasul Yohanes ini pada perikop kali ini, yakni :

 

1. Bagaimana respon kita  setelah mendengar berita tentang Yesus, Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia ? Apakah kita acuh tak acuh saja, atau menuruti apa yang disampaikan oleh si pemberita itu ?

 

2. Selama ini kita mengaku sebagai orang Kristen atau pengikut Kristus, apakah benar bahwa kita sungguh-sungguh nengikuti Yesus ataukah kita sesungguhnya mengikuti si penyampai berita ( pendeta atau pengkhotbah ) oleh karena sesuatu sebab seperti si pendeta atau pengkhotbah sangat bagus sekali dalam menyampaikan firman yang memenuhi hasrat hati dan apa yang bergejelok dalam pikiran, serta berbagai mukjizat atau janji-janji kesembuhan dan kemakmuran dan janji-janji lainnya yang menyenangkan?

Baca juga  Langkah Pertama Menuju Penyelesaian Konflik

 

3.  Setelah mengikut Yesus bahkan tinggal bersama dengan-Nya, artinya kita hidup bersekutu dengan Nya, apakah ada kerinduan untuk membawa orang lain kepada Yesus ?

 

Sudahkan kita membawa jiwa bagi Kristus atau sampai hari ini belum sama sekali ?

 

*Sobat,* marilah kita renungkan tiga pertanyaan ini sebagai bahan releflesi akhir tahun yang akan kita lalui dan akhiri ini.

 

Sebagai penutup saya kutip pertanyaan Yesus pada ayat yang ke 38 :

 

*” Apa yang kamu cari ? “*

 

Selamat menyongsong tahun baru 2018

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here