Pdt. Jacobus Manuputty: Damai itu Indah

0
1246

Perdamaian itu suasana yang didambakan oleh semua insan hidup, baik manusia maupun alam semesta. Karena dari suasana yang damai itulah, manusia dan alam semesta ini bisa mencapai keseimbangan. Dari keseimbangan itulah tercipta harmoni dan dari keharmonisan maka ada sukacita, kebahagiaan dan persahabatan. Bagi makhluk manusia, kedamaian itu “kebutuhan inti” yang bisa membuat kita manusia sungguh-sungguh menikmati kemanusiaannya, itu yang sudah Tuhan sediakan.

Tuhan tau bahwa karena dosa manusia telah kehilangan damai yang sejati dari Allah, karena dosa pula maka kedamaian itu menjadi “barang mahal” yang terus dicari dan dibutuhkan manusia kapanpun dan dimanapun. Karena dimana-mana didunia ini, damai itu sudah alami penggerusan dan pengikisan pada intinya, itulah yang membuat kehidupan ini tidak lagi aman. Dimana-mana terjadi peperangan, pertikaian, pertengkaran, permusuhan, saling hujat dan saling menyalahkan, disitulah damai itu kehilangan pesonanya.

Itulah sebabnya seruan Tuhan, “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu(Kol 3:15), menunjuk pada 3(tiga) hal mendasar : 1. Bukalah hatimu dan biarkan Damai Sejahtera Kristus memasuki dan menguasai/memerintahnya. Jangan biarkan hatimu dikuasai oleh nafsu duniawi yang jahat itu. 2. Berdamailah dengan Allah dan sesama. Sebab tidak ada gunanya kita punya hubungan yang intim dengan Allah, tetapi selalu menciptakan permusuhan dengan sesama. 3. Biarkan Kristus yang memerintah hatimu. Sebab hati yang tidak mau diperintah oleh Allah dalam Kristus cenderung sombong, angkuh, tinggi hati.

Itu semua awal dari adanya hidup yang tidak damai, tidak aman dan tidak sejahtera. Karena itu, tawaran Tuhan ini layak diterima dan diikuti untuk sebuah perubahan didalam hidup kita bersama. Karena dimana ada Damai disana ada Sukacita dan Kasih, dan dimana ada Kasih disana ada berkat Tuhan secara berkelimpahan. Dalam kesadaran inilah, kita merayakan Natal dengan sebuah motivasi baru dan tekad bersama untuk terus memelihara Damai Allah itu didalam hidup kita bersama. “Damai itu Indah”.

Selamat Hari Natal untuk semua teman WAku terkasih! Gb. jm. 231217.
Biarlah Damai Allah terus bersemi dihati kita, sehingga Natal kita Indah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here