Dosa Kita Telah Dihapuskan

0
504

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Selamat pagi dan selamat Advent untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

 

2 Petrus 1:9, Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.

 

Tak kenal maka tak sayang, hal ini sering sekali kita dengar ketika pengkhotbah yang baru pertama sekali berkhotbah di gereja yang dilayaninya. Memang kalimat itu adalah kalimat biasa saja dalam pengantar sebelum Pengkhotbah menerangkan isi dari khotbahnya. Tetapi ada makna yang jauh tersimpan dalam kalimat tak kenal maka tidak sayang. Secara psikologis memang rasa sayang lahir dari pengenalan yang terjadi secara kontak langsung, misalanya secara tatapan mata. Kemudian dari rasa sayang berubah menjadi rasa cinta. Tentu hasil cinta adalah merupakan proses dari pengenalan yang sudah kerap sekali terjadi.

 

Petrus senang sekali menyampaikan surat yang kedua ini kepada rasul Kristus dalam hal pengenalan mereka akan Yesus Kristus didalam pelayanannya. Salah satunya adalah bahwa mereka harus bertumbuh dalam iman dalam pengenalan akan Yesus Kristus di setiap pelayanan mereka. Ada makna di dalam hubungan kerohanian yang sering terjadi diantara rasul Kristus dengan tuntunannya disetiap pelayanan mereka. Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena mereka lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan. Memiliki hubungan dengan Kristus adalah suatu keharusan dalam proses pertumbuhan iman, sebab disana juga kita mengalami dan yakin akan pengampunan dosa kita selama ini. Tanpa hubungan yang rohani dengan Kristus, maka perbuatan baik dan kebijaksanaan tidak akan mungkin kita lakukan dan terima di dunia ini.

Baca juga  GEREJA 57 SEN

 

Saudaraku, saat ini kita diperhadapkan dengan situasi dan kondisi yang sangat luar biasanya dengan kemajuan jaman. Dengan situasi seperti itu, bagaimana akan pengenalan kita kepada Kristus di tengah-tengah kehidupan kita saat ini? Apakah kita masih melakukan perbuatan baik karena pengenalan akan Dia? Masih adakah kebijaksanaan yang kita terima dari Dia saat ini? Marilah kita renungkan semuanya ini, jangan-jangan kita sudah buta dan picik, serta lupa bahwa dosa-dosa kita telah dihapuskan.

 

Untuk itu saudaraku, marilah kita tingkatkan hubungan kerohanian kita kepada Kristus melalui pengenalan kita akan Dia. Hubungan kerohanian ini bukan hanya sebatas doa, ibadah, bernyanyi tetapi melakukan perbuatan yang benar dan adil melalui tuntunanNya kepada kita. Lakukanlah perbuatan yang benar jangan tunda hari ini dimanapun kamu berada untuk kemuliaan Tuhan.  Amin

 

HAPPY DAY

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here