Tuhan Sumber Berkat

0
3471

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

Syalom dan selamat Advent untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

Bilangan 6:24, TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;

 

 

Tuhan adalah sumber berkat dan perlindungan di dalam kehidupan kita, banyak jemaat yang menginginkan berkat dan perlindungan dari Tuhan sehingga kedekatan kita dan Tuhan ada kesan hanya untuk memperoleh berkat dan perlindungan tersebut. Memang ini tidak menjadi masalah yang besar jika kita menginginkan berkat dari Tuhan tetapi perlu diperhatikan bahwa kita jangan sampai melupakan sumber berkat dan perlindungan itu di dalam hidup kita. Belum lagi pengertian berkat bagi kita yang begitu ragamnya, seperti: berkat itu digambarkan dengan rumah besar dan mewah, mempunyai mobil mahal, tanahnya banyak, kebunnya luas dan lain-lain.

 

Di dalam kitab Bilangan  6:24-26 ini Allah menyatakan kepada Musa agar para imam menyampaikan berkat kepada bangsaNya demikian:

TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;

TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;

TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

 

Formulasi ini terdiri dari tiga kalimat yang mempunyai dua unsur yang bergandengan satu dengan yang lainnya. Pada hari ini ayat harian fokus pada ayat 24, memberkati dan melindungi, melalui sarana imam yang ditugaskan Tuhan. Tuhan yang memberkati umatNya untuk segala kebutuhan untuk memelihara secara sempurna baik jasmani dan rohaninya. Begitu juga perlindungan dari Tuhan yang menyertai umatNya dari segala yang jahat. Secara sederhana bahwa didalam berkat Allah terkandung makna perlindungan, begitu juga sebaliknya didalam perlindungan ada berkat Allah atas umatNya.

 

Tentu kita sebagai jemaat Tuhan pasti menginginkan berkat dan perlindunganNya di dalam hidup kita. Namun bagaimana kita memahami arti berkat dan perlindungan Tuhan di dalam kehidupan kita? Apakah pemikiran kita bahwa berkat Tuhan itu dilihat dari sudut materi saja? Apakah perlindungan Tuhan itu dilihat dari sudut kekuatan yang harus kita miliki? Semuanya itu, perlu kita koreksi dimana berkat Tuhan adalah penyertaan dan pemeliharaanNya di dalam kehidupan kita. Di dalam pemeliharaan itu terdapat berkat dan perlindungan Tuhan akan kehidupan kita di dunia ini. Melalui itulah kita diingatkan untuk selalu dekat dan fokus dengan sumber berkat dan perlindungan hidup kita. Amin

 

HAPPY DAY

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here