Bersaksi tentang Kristus

0
686

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

 

 

Syalom dan selamat Adven untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

 

Yohanes 1:6+8, Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

 

 

 

Tritugas gereja yang sampai saat ini masih saling berkaitan dengan erat atau dengan yang lainnya: Koinonia, Marturia, dan Diakonia bagaikan tiga tonggak yang menopang pelayanan gereja kita. Koinonia tidak akan ada artinya tanpa Marturia dan Diakonia, Marturia tanpa Diakonia dan Koinonia juga tidak memaksimalkan pelayanan, Diakonia tanpa Koinonia dan Marturia juga akan tidak bermakna. Maka ketiga tritugas ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Salah satu tugas itu, hari ini kita diingatkan kembali oleh Yohannes untuk menyaksikan Yesus Kristus. Kesaksian ini dilakukan secara pribadi maupun kelompok.

 

Yohannes adalah salah satu murid Tuhan Yesus yang melakukan tugasnya sebagai pembaptis pada waktu itu. Bahkan ia juga yang membaptis Yesus di sungai Yordan. Buku Yohannes ini dimulai dengan kisah pada mulanya adalah Firman dan Firman itu adalah Allah. Di dalam Dia ada hidup, dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. Terang ini yang disaksikan oleh Yohannes kepada orang banyak. Terang itu adalah Yesus yang akan datang ke dunia ini dan menyatakan kuasa Allah. Yohannes datang sebagai saksi bukan sebagai terang. Jadi terang itu yang disaksikan melalui terang yang sudah sampai kepada Yohannes terlebih dahulu.

 

Saudaraku, kita adalah orang-orang Kristen yang telah menerima terang itu melalui baptisan Kudus yang kita terima melalui gereja. Sejauh ini sebagai perenungan kita, apakah kita masih tetap menyaksikan terang yang dari Allah? Sampai saat ini, masihkah kita terdorong untuk bersaksi/ber-Marturia? Tentu bentuk respon kita untuk melanjutkan kesaksian ini terlihat dari kesungguhan kita membaca, mendengar, merenungkan dan melakukan firman Allah di rumah, gereja dan dimanapun kita berada. Diminggu-minggu Adven ini kita juga diajak untuk bersaksi dalam menanti kehadiran sang juruselamat yaitu Yesus Kristus. Kita bersaksi akan terang yang dari pada Yesus yaitu kebenaran firmanNya. Amin

Baca juga  DUNIA TERANCAM RESESI

 

Selamat beraktivitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here