Pdt. Jacobus Manuputty: Adventus yang Berkualitas

0
794

Desember bulan indah yang punya pesona tersendiri bagi umat Tuhan, karena ada peristiwa menarik yang membawa sukacita dihati dan Iman. Itulah Natal, peristiwa Ilahi yang terjadi dalam dunia insani dimana Allah datang sebagai manusia dalam diri Yesus Kristus, itulah sensasi Adventus, atau “masa penantian”. Sekalipun pekerjaan menanti itu kadang membosankan, tetapi itu yang Tuhan minta.

 

Namun makna Adventus akan sangat kering dan kehilangan pesona Imannya, jika masa Adventus itu hanya dipahami sebagai masa jelang Natal. Substansi terdalamnya ada pada persiapan diri kita menanti kedatangan Yesus Kristus untuk kedua kalinya sesuai janji-Nya. Ini yang harus kita maknai dari masa Adventus. Jadi Adventus yang berkualitas itu adalah minggu-minggu penyadaran diri dan evaluasi diri.

 

Itu artinya, disaat kita sedang mempersiapkan diri menyongsong Natal sebagai kedatangan Yesus yang pertama kali, kita juga harus mengarahkan Hati dan Iman serta Pengharapan kita akan kedatangan Kristus yang kedua kali. Itu baru Adventus yang berkualitas, yang tidak hanya sekedar ibadah-ibadah seremonial. Nah kalau kita sadar bahwa Dia akan datang untuk kedua kali, maka perlu pertobatan.

 

Pembersihan diri, perbaikan hidup dan perilaku, penyadaran akan dosa-dosa, jauhkan diri dari sirik, benci dan dendam, jauhkan fitnah dan kata-kata yang menyakiti sesama. Itu seharusnya langkah-langkah bijak yang perlu kita lakukan di minggu-minggu Adventus yang hari ini kita masuki, inilah Adventus yang berkualitas. Jadi perbaikan kualitas hidup itu lebih disukai Tuhan, ketimbang hanya perbaikan lahiriah.

 

Minggu Aventus adalah Minggu penyadaran diri dan pertobatan, itu lebih disukai Tuhan. Daripada mempersiapkan segala macam asesoris pohon Natal, baju baru, rambut baru dan hal-hal baru lainnya, sementara tetap hidup dalam dosa yang dibenci Tuhan. Memang kita tidak dilarang untuk persiapkan semua kebutuhan itu, tetapi harus diikuti perubahan hidup sebelum Tuhan datang diawan-awan.

 

Selamat memasuki minggu-minggu Adventus! Gb.  jm.  031217.

Wish you a beautiful and blessed Sunday, my fb friends. Gb!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here