Rahasia Ketenangan Batin

0
1608

Oleh: Christian T

 

*Renungan BGA ( Baca Gali Alkitab )*

 

*Bacaan Alkitab : Daniel 4:1-7

 

*Syallom sahabat-sahabat setia pembaca BGA ( Baca Gali Alkitab ) yang terkasih dalam Kristus Yesus,*

 

Rupanya kedudukan atau kekuasaan tinggi dengan segala nama besar atau ketenaran dan dengan segala kenikmatannya tidak menjamin seseorang itu hidupnya dan batinnya akan tenang, tentram dan damai, sekalipun mereka hidup dengan senang. Sudah banyak contoh yang kita lihat seperti bintang film atau penyanyi top dan hidupnya dipuja-puja oleh banyak penggemarnya dan juga hidup bergelimang uang dan harta yang tak terhingga, namun tidak sedikit yang mati bunuh diri, alkoholik, overdosis obat bius dan sejenisnya. Belum hilang ingatan kita bagaimana hidup dan akhir hidup Marilyn Monroe,Bruce Lee, Michael Jackson, Whitney Houston, dan masih banyak lagi.  Dan banyak pula para orang yang sangat kaya namun hidupnya tidak bahagia, rumah tangganya hancur, anak dan cucunya kacau balau hidupnya.

 

*Sahabat BGA yang terkasih dalam Yesus,*

Demikian pula perenungan BGA kali ini, yakni seorang raja yang sangat terkenal dan berkuasa dengan daerah kekuasaannya yang sangat luas, menguasai segala suku, bangsa dan bahasa. Hampir tidak ada daerah yang tidak ditaklukkannya saat itu. Dia adalah Nebukadnezar,  raja yang memerintah kerajaan Babelonia yang adalah kerajaan ketiga yang menjadi super power setelah Mesir dan Asyur yang telah ditaklukannya. Sesungguhnya dia akui melalui kesaksiannya bahwa Allah yang disembah oleh Daniel, Sadrakh,Mesakh, Abednego yang adalah para pemuda Yahudi telah melakukan mukjizat  dan tanda-tanda ajaib kepadanya (2-3a) dan juga mengakui bahwa Kerajaan-NYA adalah kerajaan yang kekal dan pemerintahan-NYA turun temurun (3b). Dan dia juga mengakui bahwa hidupnya diberkati dengan ketenangan dan kesenangan dalam istananya (4). Tetapi akhirnya dia juga mengakui dan menyatakan kegelisahannya akibat mimpi yang dialaminya. Rupanya ditengah ketenangan dan kenikmatan, seorang Nebukadnezar pun  mengalami kegelisahan dan ketidaktentraman akibat mimpi itu (5), maka raja mengumpulkan semua orang bijaksana, orang-orang berilmu, ahli jampi, para Kasdim, dan ahli nujum untuk memberitahukan makna mimpi tersebut, namun tak satupun dari mereka yang dapat memenuhi permintaan dan harapan raja (6-7).

Baca juga  ALLAH HAKIM YANG ADIL

 

*Sahabat BGA yang terkasih,*

 

Mengapa seorang yang sangat besar dan sangat berkuasa seperti Nebukadnezar mengalami kegelisahan atau ketidaksenangan batin, sedangkan dia hidup ditengah kenikmatan di istana dan juga sangat disegani dan disampingi itu seperti diakuinya bahwa Allah orang Yahudi telah melakukan mukjizat dan tindakan-tindakan yang ajaib kepadanya sehingga diakuinya kehebatan dan kemahakuasaan Allah yang disembah oleh Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego, dan seluruh orang Yahudi ?

 

*Sobat yang terkasih,*

Jawabannya ada dua, yaitu ; pertama: Nebukadnezar tidak sungguh-sungguh mempercayai dan menerima Allah yang disembah oleh orang Yahudi sekalipun Allah sudah menunjukkan kebaikannya di hadapannya, dan yang kedua ; Nebukadnezar mendua hati, terbukti dia membuat patung emas untuk disembah.

 

*Sobat,*

Jikalau saat ini ada diantara para sahabat yang membaca renungan BGA ini sedang mengalami apa yang dialami oleh Nebukadnezar, periksalah diri anda!

 

*Apakah ada di antara kalian yang belum terima Tuhan Yesus atau masih mendua hati ?*

 

*Yesus berkata :*

 

*Bagi yang belum terima Tuhan Yesus :*

 

*”Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi,*

*tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” ( Yoh 4:13-14 )*

 

*” Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu “. ( Mat 11:28 )*

 

*” Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu ”  ( Yoh 14:27 )*

Baca juga  Tak Sekalipun Tuhan Ingkar Janji (2)

 

*Dan bagi yang mendua hati :*

 

*” Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” ( Mat 6:24 )*

 

*” Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya ” ( Yak 1:8 )*

 

Kiranya damai sejahtera Allah di dalam Kristus Yesus melimpah atas hidup kita. Amin

 

Salam dan doa

Christian T

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here