Pdt. Jacobus Manuputty: ” Firman Tuhan Bagaikan Perhiasan Indah “(Amsal 3:1-7).

0
17902

 

Pengucapan Syukur Ulang – Tahun ke-50 anak keluarga Manulang.

 

Hidup ini adalah Anugerah yang Tuhan beri secara cuma-cuma, dan Berkat yang tak ternilai bagi manusia. Dikatakan Anugerah karena pemberian Tuhan itu tanpa andil sedikitpun dari kita manusia, dan karena Tuhan yang terus menghembuskan nafas hidup-Nya sehingga memungkinkan kita masih hidup. Disebut Berkat yang tak ternilai karena tidak hanya berkonotasi materiil, tetapi ada rupa-rupa kenikmatan yang lebih substansial rokhani, yang pada galibnya itu adalah kebutuhan yang diharapkan manusia. Kebutuhan itu antara lain, umur atau usia hidup, sukacita, kesehatan, damai sejahtera, rasa bahagia dan ketenangan jiwa. Itu yang harus kita syukuri selalu didalam hidup ini, bahwa Tuhan itu Allah yang baik dan selalu melengkapi kebutuhan hidup kita.

 

Karena itu, menurut penulis kitab Amsal yaitu Salomo putra Daud, bahwa untuk memahami Anugerah dan Berkat Tuhan dengan baik, orang harus memiliki Hikmat dari Tuhan. Hikmat tidak sama dengan pintar, karena Hikmat itu kemampuan lebih yang Tuhan beri bagi manusia untuk bedakan baik dan jahat. Bagaikan orangtua yang selalu ingatkan anak-anaknya, maka Tuhan juga terus ingatkan kita akan Firman-Nya. Karena itu, orang harus miliki Hikmat untuk bisa memahami berkat Tuhan. Ada 5(lima) hal mendasar yang merupakan Berkat dari Hikmat, antara lain :

 

1. Tidak Melupakan Ajaran Tuhan dan Memeliharanya :

Bahwa kemanapun dia pergi dan apapun yang dilakukan didalam hidupnya, Ajaran Tuhan selalu ada dihatinya, bagaikan perhiasan indah dan dia selalu pelihara itu. Tuhan akan panjangkan umur mereka yang selalu pegang teguh Firman-Nya, bahkan hidup sejahtera akan terus diberikan kepada mereka.

 

2. Hidup Didalam Kasih dan Kesetiaan :

Orang orang yang telah menikmati Kebaikan dan Berkat-berkat Tuhan, maka Kasih dan Kesetiaan harus menjadi bagian integral dari hidupnya. Hidup dalam Kasih artinya hidup yang peduli dan saling memperhatikan, tidak hanya hidup untuk diri dan kepentingan sendiri, tidak egois.

 

3. Percaya Kepada Tuhan Dengan Segenap Hati :

Mereka yang selalu berpegang teguh kepada Tuhan dan Firman-Nya, dan hidup dalam kepastian. Tidak pernah ragukan sedikitpun akan  Kuasa dan Kasih Tuhan didalam hidupnya, karena mereka percaya kepada Tuhan dengan sepenuh hati. Inilah salah satu hal berharga dari Hikmat.

 

4. Akui Tuhan Didalam Setiap Lakunya :

Bahwa Tuhan diakui didalam setiap keberhasilan hidupnya, bukan karena kekuatannya sendiri. Mereka tidak bersandar pada kekuatan diri sendiri, tetapi selalu andalkan Tuhan. Mengakui Tuhan dan Kuasa-Nya didalam setiap langkah hidupnya, tidak sombong atau merasa diri hebat, karena mereka tau diri.

 

5. Jauhi Segala Bentuk Kejahatan :

Orang orang yang telah menerima Kasih dan Berkat-berkat Tuhan sadar persis bahwa mereka tidak hanya tau bersyukur, tetapi mereka juga harus selalu menjaga dirinya untuk tidak berbuat kejahatan, apapun bentuknya. Mereka tidak mau mengecewakan Tuhan yang telah memberkati mereka.

 

Inilah Kesadaran Iman kita dalam memahami semua Kebaikan dan Kasih Tuhan didalam hidup kita. Dan mereka yang memiliki Hikmat dari Allah, akan mampu menata diri dan hidupnya dengan bijak, sehingga hidupnya selalu menyenangkan Tuhan dan oranglain akan mendapatkan manfaat. Hidup orang orang yang miliki Hikmat tidak hanya tahu bersyukur, tetapi hidupnya dijadikan sarana dimana banyak orang menerima sukacita.

 

Selamat Ber-Ibadah dengan penuh Sukacita! Gb.  jm.  111117.

Ibadah Pengucapan Syukur di POUK Jemaat ” LAHAIROI ” Cjntg Jkt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here