Kemajuan IPTEK dan Keimanan Kristen

0
3004

Oleh: P. Adriyanto

 

 

 

“Demikianlah harus bekerja  Bezleel dan Aholiah dan setiap orang yang ahli  yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan Tempat kudus, tepat seperti yang diperintahkan TUHAN.”

*Keluaran 36:1*

 

 

Pada tanggal 8/11, ‘017, Paus  Fransiskus telah mengkritik dan menyatakan kesedihannya atas penggunaan Hp/gadget untuk memfoto pada saat misa kudus.

Hal ini menunjukkan  bahwa penggunaan teknologi harus dibatasi hanya untuk hal-hal yang berkenan kepada Tuhan dan untuk kesejahteraan manusia.

Tuhan bahkan murka  bila menusia menyalahgunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk kesombongan dan kemurtadan.

Tuhan telah meruntuhkan  menara Babel dan menghukum orang – orang untuk tidak bisa saling berkomunikasi.

(Kejadian 11:3~9 – Menara Babel).

Fakta lain adalah, meledaknya terowongan nuklir Korea Utara yang menewaskan 200 orang.  Tuhan tidak menghendaki kesombongan negara ini yang mengancam perdamaian dunia.

 

Banyak hasil Kemajuan IPTEK dalam berbagai bidang yang sangat bermanfaat, tapi banyak juga yang membuat orang hidupnya jadi susah. Contoh, kemajuan teknologi digitalisasi telah membuat banyak orang terancam menganggur.

Penyalahgunaan teknologi bisa mendatangkan murka Alkah pada akhir zaman.

 

Ayat nas di atas menunjukkan bahwa Allah adalah sumber utama segala IPTEK. Kuasa dan kecanggihan Allah yang tidak mungkin bisa ditiru oleh menusia adalah ketika Tuhan menciptakan langit dan beserta isinya.

(Kejadian 1:1~31)

 

Perkembangan IPTEK yang sangat pesat telah menimbulkan dampak yang positif dan negatif bagi menusia. Positif/negatifnya hasil IPTEK sangat tergantung bagaimana kita memanfaafkannya.

Pemantik api atau korek api bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan menusia, tapi bisa dipergunakan untuk membakar rumah orang.

Baca juga  Kebiasaan Hidup yang Membawa Kebahagiaan: Memilih untuk Bersukacita

Demikian juga hp, bisa menyiapkan mulai dari anak-anak sampai kakek dan nenek lupa daratan.

 

Apa kata firman terhadap perkembangan IPTEK ini??

Tuhan tidak melarang manusia untuk mengembangkan IPTEK. Tuhan mengaruniai menusia dengan talenta yang tinggi dan hikmat, termasuk kemampuan untuk menyeleksi mana yang baik dan mana yang harus dihindari.

 

Tuhan menghendaki menusia untuk tetap mengembangkan IPTEK.

*”Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan. “*

*Amsal 1:5*

 

Kita juga harus bertanggungjawab  terhadap tugas yang  diberikan oleh Allah.

*”Beranak-cuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut. . . Berfirmanlah Allah :” lihatlah Aku memberikan kepadamu. . . “*

*Kejadian 1:28~29*

 

Sebagai orang yang beriman, kita tidak boleh skeptis terhadap perkembangan IPTEK sebagai usaha untuk mengatasi/menekan terjadinya kemiskinan, sakit-penyakit, kematian, dan lain-lain.

Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here