Pdt. Jacobus Manuputty: ” Janganlah Takut Sebab Aku Menyertai Engkau, Janganlah Bimbang Karena Aku Ini Allah-mu ” (Yesaya 41:10, 13).  

0
11989

 

Renungan 2(dua) seri untuk Komisi Lansia POUK Jemaat “LAHAIROI” Cijantung Jkt.

 

Rasa takut adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidup manusia, dan dapat dikatakan bahwa rasa takut itu salah satu dari ” instink tertua” manusia, sejak manusia jatuh kedalam dosa

( Kejadian 3:10). Itu artinya, karena dosalah maka ketakutan mulai memasuki hidup manusia. Sebab sebelumnya, manusia hidup didalam sukacita dan kemuliaan bersama Allah, tetapi sejak jatuh didalam dosa maka ada ketakutan dan menjadi bagian hidupnya. Sekalipun mereka ber-Iman kepada Tuhan, tetapi ada rasa takut.

 

Latar belakang singkat :

Umat Allah sedang dalam pembuangan di negeri Babel, dan karena itu mereka terus berdoa minta pertolongan Tuhan untuk membebaskan mereka. Melalui nabi Yesaya, Tuhan meminta agar umat-Nya tetap setia dan percaya bahwa Tuhan akan menolong mereka. Yesaya telah bernubuat bahwa Tuhan akan menolong umat dengan mengirim seorang penolong dari Timur, dia adalah raja Koresy dari Persia(559-530 SM) dan nubuat itu terjadi 150 tahun sebelum kelahiran raja Koresy. Raja inilah yang kemudian membebaskan umat Allah Israel dari tangan raja Babel, yaitu Nebukadnezar.

 

INTI BERITA DAN APLIKASINYA :

” Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allah-mu; Aku akan meneguhkan , bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan(Yesaya 41:10). Ada 3(tiga) substansi berita penting disini, antara lain :

 

1. ALLAH YANG BERJANJI ITU SETIA PADA JANJI-NYA :

Hanya mereka yang mau tetap berpegang teguh pada janji-janji Tuhan, maka mereka akan mengalami ketenangan didalam menghadapi segala keadaan. Itu yang Tuhan minta dari kita umat kesayangan-Nya. Ini penting bagi kita para Lansia yang kadang begitu rapuh, karena kondisi fisik yang makin menurun, dan kesehatan yang makin berkurang. Kadang mulai dilupakan dan kurang lagi mendapat perhatian baik dari anak-anak sendiri maupun juga pelayanan didalam gereja. Seakan-akan kita telah dilupakan dan mulai ditinggalkan. Nah janji Tuhan ini kembali menguatkan kita bahwa, Tuhan tidak pernah melupakan dan meninggalkan kita. Ini kekuatan kita untuk menjalani hidup diusia yang lanjut yang sudah Tuhan beri.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

2. TUHAN AKAN MENOLONG MEREKA YANG LEMAH :

Sebagaimana umat Allah Israel dalam kelemahan dan keterpurukan mereka, sehingga mereka hehilangan harapan, maka Tuhan Allah selalu memberi perhatian khusus kepada mereka yang berharap kepada-Nya. Bagi bapak ibu para Lansia yang mungkin merasa lemah dan tidak lagi punya kemampuan dan harapan, lewat berita Firman ini Tuhan mau menguatkan kita lagi. Fisik boleh lemah, kesehatan mungkin menurun, dan kemampuan-kemampuan mungkin berkurang, tetapi pengharapan dan penyerahan diri untuk selalu minta pertolongan Tuhan harus tetap. Karena pertolongan Tuhan akan datang tepat pada waktunya. Karena itu, Iman dan Pengharapan kepada Tuhan tidak boleh pernah kendor, harus tetap terpelihara selalu.

 

3. TUHAN DENGAN TANGAN KANAN-NYA BERKUASA :

Bahwa Tuhan itu Allah yang Maha Kuasa dan Maha perkasa telah berjanji akan tetap setia dan menolong umat-Nya, karena tangan kanan-Nya berkuasa untuk menghadapi semua musuh sehebat apapun itu. Itu yang dibuktikan dengan membebaskan umat Allah dengan memakai tangan raja Koresy untuk tujuan-Nya. Ini penting bagi kita yang berharap akan pertolongan dan janji setia Tuhan, kita yakin dengan sungguh akan Kuasa-Nya. Itu yang menjadi kekuatan kita, menopang kita dan memberi semangat yang baru ditengah segala kelemahan dan ketebatasan kita. Percayalah bahwa kuasa Tuhan mampu menolong kita.

 

Ini seri pertama dari Renungan kita hari ini, dan akan dilanjutkan nanti di seri kedua!

 

Selamat ber-Ibadah dengan penuh sukacita! Gb.  jm.  081117.

Ibadah Komisi Lansia POUK Jemaat ” LAHAIROI ” Cijantung Jkt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here