Pdt. Jacobus Manuputty: Rahasia Kematian  (Roma 6:5-10).

0
24857

 

 

Kehidupan didunia ini sementara sifatnya, karena memang didunia ini tidak ada yang kekal. Semua orang pasti akan mati, termasuk orang-orang yang kita kasihi dan mengasihi kita. Dan pada moment itu yang memang kadang membuat kita bersedih, dan kesedihan itu kadang membekas dan lama. Bahkan ada orang yang tidak bisa menerima kenyataan ini, mereka tidak mampu memahami rahasia kematian itu. Dan itulah yang membuat peristiwa itu membekas dan sulit dilupakan, bahkan kadang mempengaruhi hidup dan masa depannya. Nah, anak-anak Tuhan harus memahami dengan persis soal rahasia kematian itu, agar mereka mampu menghadapinya dengan Iman. Karena rahasia itu sudah Tuhan beritahu dengan jelas kepada kita lewat Firman-Nya. Ada 3(tiga) rahasia kematian dan sekaligus jaminan dari Tuhan untuk hidup kita orang-orang percaya :

 

1. Kematian Hanya Moment Sementara : ayat 5-7.

Bahwa mereka yang mati didalam Iman kepada Tuhan, itu tidak akan mati untuk selama-lamanya, karena mereka akan dibangkitkan bersama Dia(Yesus). Manusia lama telah disalibkan lewat kematian, derita telah hilang dan diangkat dari kehidupan mereka.

 

2. Ada Janji Tentang Hidup Kekal : ayat 8-9.

Bahwa mereka yang mati didalam Tuhan akan hidup bersama Dia didalam kekekalan. Jadi kematian hanya sementara, bukan akhir dari hidup karena kita akan berkumpul bersama dengan Tuhan. Itu rahasia indah yang kadang kita lupa, disaat kematian orang-orang yang kita kasihi.

 

3. Hidup dan Mati Bersama Tuhan : ayat 10.

Kalau kita mati, artinya kita mati didalam Tuhan dan didalam Dia ada Kebangkitan. Kematian-Nya satu kali untuk selama-lamanya(Ef Hapax), sebagai jaminan. Sebaliknya, kalau kita hidup kita juga harus hidup didalam Tuhan, ya hidup untuk kemuliaan-Nya. Hidup bagi Allah itu hidup yang jadi berkat bagi sesama. Itu yang Tuhan suka dari hidup kita, hidup yang diberkati.

 

Point ketiga ini penting untuk kita hayati dan sekaligus ada inspirasi yang bisa kita dapat, yaitu bahwa ada jaminan Kebangkitan bagi orang-orang yang kita kasihi, itu pasti bukan bohong, karena itu kata Tuhan. Ini juga harus jadi penghiburan bagi kita semua yang pernah kehilangan mereka yang kita kasihi. Nah, kita bisa belajar semua yang baik dari mereka yang kita kasihi dan telah mendahului kita. Mungkin kasih sayangnya, perhatiannya, kebaikannya, rasa tanggungjawabnya, kesetiaannya atau mungkin sapaan kasih dan senyumnya atau suka memaafkan. Semua yang baik kita contohi, dan yang buruk kita maafkan, kita lupakan dan jangan diikuti, supaya hidup kita bisa terus mempermuliakan nama Tuhan.

 

Selamat menikmati Awal Pekan! Gb.  jm.  281017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here