Beritakan Perbuatan Allah

0
443

Oleh: Pdt. Anna Vera Pangaribuan

 

 

Selamat pagi untuk kita semua, kiranya kasih karunia dari Yesus Kristus menyertai kehidupan kita sekalian.

 

Yesaya 48:20, Keluarlah dari Babel, larilah dari Kasdim! Beritahukanlah dengan suara sorak-sorai dan kabarkanlah hal ini! Siarkanlah itu sampai ke ujung bumi! Katakanlah: “TUHAN telah menebus Yakub, hamba-Nya! ”

 

Setiap pribadi manusia tentu mempunyai titik masalah yang berbeda-beda, ada masalah pribadi dan masalah umum. Masalah-masalah ini biasanya akan kita pahami sebagai musibah yang datang kepada kita dengan rencana manusia, atau masalah ini datang karena ungkapan “sial” tetapi masih jarang yang mengatakan bahwa masalah ini datang karena kita sendiri atau sumber masalah adalah kita sendiri. Tentu diantara kita tidak ada yang mau dipersalahkan dari setiap masalah yang telah menghampiri kita. Kemungkinan yang terjadi adalah kita menyalahkan orang lain karena masalah yang menimpa kita bahkan ada juga yang mau menyalahkan Tuhan. Tetapi sadarkah kita, dalam setiap masalah yang kita hadapi selalu ada pertolongan Allah yang tidak dapat kita jelaskan secara manusiawi atau cara berpikir manusia? Apakah yang kita kabarkan melalui masalah yang kita hadapi itu dan setelah selesai dari masalah itu?

 

Bangsa Yahudi ditawan di Babel selama tujuh puluh tahun lamanya, tentu ini bukan waktu yang sedikit dan sebentar. Ada beberapa generasi yang sudah lahir dan sudah meninggal selama mereka di dalam tawanan Babel. Selama ditawan, bukan berarti mereka sudah lepas dari perhatian Allah dan kasih setia Allah. Justru Allah selalu memperhatikan umatNya ini sampai pada akhirnya Allah menyatakan keselamatan melalui keluarnya mereka dari Babel dan berangkat ke Kasdim. Setelah mereka keluar, ada tugas yang diberikan oleh Allah kepada mereka yaitu: memberitahukan dengan sorak-sorai dan mengabarkan hal ini. Dan menyiarkan ini sampai keujung bumi. Katakanlah: Tuhan telah menebus Yakub, hambaNya. Sungguh besar perbuatan Allah kepada umatNya, memberikan kebebasan setelah sekian lama di dalam tawanan Babel. Hal ini berdasarkan kesalahan umatNya yang tidak mau TAAT kepada Allah pada waktu itu.

Baca juga  Dikuduskan untuk Karya Allah

 

Ketika kita sudah mengetahui kesalahan dan dampak dari kesalahan itu, marilah kembali kepada Allah sesuai dengan jalan yang diarahkanNya. Bukan dengan kehendak kita pribadi, mengalami kuasa Allah dalam masalah-masalah yang kita hadapi merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga dan tidak boleh terputus disitu saja. Allah memerintahkan umatNya untuk:

1. Memberitahukan dengan sorak-sorai, 2. Mengabarkan hal itu dengan sukacita, 3. Menyiarkan hal itu sampai keujung bumi.

Dari ketiga tugas ini, mungkin masih ada diantara kita memberitahukan, mengabarkan, dan menyiarkan bahwa tuntasnya masalah-masalah yang kita hadapi karena kekuatan dan kepintaran kita, atau mungkin karena bantuan seseorang atau kelompok dan lain sebagainya. Namun yang pasti adalah semuanya itu karena Allah, Allah memakai seluruh ciptaan untuk membantu kita. Maka, beritahukanlah, kab9arkanlah, dan siarkanlah itulah bahagian dari pelayanan Marturia.  Amin

HAPPY WEEKEND

 

Selamat beraktifitas untuk kita semua

Salam Marturia

Pdt. Anna Vera Pangaribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here