Aku Pengabar Injil

0
792

Oleh: Nrs R Sembiring

 

(1 Korintus 15:9-11).

 

Hakekat Gereja adalah Missioner, menyampaikan khabar sukacita, ber PI (Perkabaran Injil).

Amanat Agung Tuhan Yesus sebelum Dia naik ke Sorga,meminta kepada murid muridNya agar memberitakan Kabar Sukacita (Injil) keberbagai belahan dunia (Mat 28:19-20).

Pada saat Roh Kudus turun ke Bumi,peristiwa tersebut merupakan dimulainya Perkabaran Injil (PI).

Pada kesempatan ini Rasul Paulus melakukan Perkabaran Injil “kedalam” mengajak Jemaat Korintus untuk menjadi Teman Sekerja Tuhan,Teman sekerja Kristus. Aktifitas kegiatan PI tidak boleh berhenti dan ini merupakan tanggung jawab bagi semua orang yang “telah menerima Tuhan Yesus menjadi Juru Selamatnya”, (bdk 2 Tim 2:2),Apa yang telah engkau dengar daripadaku didepan banyak saksi,percayakanlah itu kepada orang yang dapat dipercayai,yang juga cakap mengajar orang lain.

Menyadari bahwa Gereja adalah Missioner dan Berita Perkabaran Injil tidak boleh berhenti,maka dalam kehidupan Jemaat Gereja seharusnya nyata/memperlihatkan tentang apa dan bagaimana “Injil” itu sebenarnya.

Dengan perkataan lain dapat dikatakan bahwa setiap orang Kristen adalah “Alkitab yang berjalan”, oleh karena Kasih Karunia Allah semata mata, menjadi Missioner untuk menyampaikan Berita Sukacita(Injil).

Umat yang percaya dapat dan mampu menjadi “Alkitab berjalan” oleh kekuatan dan bantuan dari Roh Kudus.

Dengan segala rendah hati,sadar akan dirinya adalah seorang Pendosa yang memburu, menganiaya, memenjarakan bahkan membunuh orang orang yang percaya kpd Yesus.

Namun Berkat Karunia dan Anugerah yang telah diterima oleh Paulus, telah mengubahnya menjadi Missioner yang menyampaikan Berita Keselamatan, Penabur Berita Sukacita.

Janganlah kita menaruh curiga maupun rasa iri dan dengki atas diri setiap orang yang menyampaikan Kabar Gembira, karena dia melakukan Pelayanan atas dasar Otoritas yang diberikan oleh Yesus Kristus untuk menjadi Jemaat yang Missioner.

Sebagai umat Kristiani ditengah tengah GBKP kita telah memahami apa yg dimaksud dengan  “Missi GBKP” :

a.Meningkatkan Peribadatan.

b.Menghargai Kemanusiaan.

c.Melakukan Keadilan, Kebenaran, Kejujuran dan Kasih.

d.Mewujudkan Warga yang dapat dipercaya.

e.Meningkatkan Perekonomian Jemaat.

Jemaat GBKP yang Missioner sudah barang tentu mejalankan kehidupannya sebagai Penabur Kabar Sukacita (PI) dengan mengimplementasikan Tri tugas Gereja yaitu : Marturia, Koinonia dan Diakonia.

Yohanes 20:21,Maka kata Yesus sekali lagi:       “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku,demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

Demikianlah setiap Jemaat yg sudah percaya kepada Yesus Kristus haruslah menjadi Penabur Berita Sukacita yang disampaikan kepada Keluarga kita, kepada teman teman sekampung, teman teman sekerja, dan kepada lingkungan sekitar kita, Amin.

 

Rujukan:

-Bimbingan PJJ,oleh Pdt Simon Tarigan S.Th.

-Garis Besar Pelayanan GBKP 2005-2010.

-Tafsiran Alkitab masa kini,cetakan ke 3 April 1983.

 

Tjg Morawa 23-10-017

Nrs R Sembiring

(Bolang Iyeg)

GBKP Tjg Morawa Kanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here