Kebesaran dan Pengabdian

0
1129

Oleh: Pdt. Andreas Loanka

 

BGA dari Ester 10:1-3

 

Kebanyakan orang kurang mengetahui tentang Modekhai.  Padahal Mordekhai adalah seorang yang Tuhan pakai untuk menyelamatkan umat-Nya, Israel.  Kebesaran Mordekhai sepertinya tertutup oleh bayang-bayang kebesaran ratu Ester, sepupunya.

 

Ada kamus yang menjelaskan bahwa nama “Mordekhai” mempunyai arti “orang kecil/little man” (Strong-Lite: H4782). Tetapi kehidupan Mordekhai jauh dari arti namanya itu.   Alkitab mencatat bahwa Mordekhai adalah orang yang besar, terhormat dan dicintai bangsanya.   Ia diangkat oleh raja Ahasyweros menjadi orang kedua di kerajaannya yang besar (Est. 10:3a).  Ia dihormati oleh orang Yahudi  dan disukai oleh banyak saudaranya (Est. 10:3b).

 

Mordekhai menjadi besar karena pengabdiannya.  Ia dengan setia mengabdi kepada Allah, yang dinyatakannya dalam wujud pengabdian kepada rajanya, bangsanya, dan semua orang. Pengabdian kepada raja terlihat nyata dalam usahanya untuk menyelamatkan nyawa raja dari tangan orang yang bersekongkol untuk membunuhnya (Est. 2:19-23). Pengabdian kepada bangsanya dilakukan Mordekhai dengan mengiktiarkan yang baik bagi bangsanya dan berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya (Est. 10:3c).

 

Saat ia diangkat menjadi orang kedua oleh raja Ahasyweros, ia mengabdi untuk mendatangkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi semua orang dari berbagai suku bangsa yang dipimpinnya (Est. 10:2-3). Pengabdian Mordekhai membuat hidupnya berguna bagi sesama dan memuliakan Allah.

 

Selamat pagi dan Tuhan memberkati!

Salam dan doa dari

Pdt. Andreas Loanka

GKI Gading Serpong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here