Pdt. Weinata Sairin:  “If A equal succes, then the formula is : A=X +Y+Z. X is work. Y it play. Z is keep your mouth shut” (Albert Einstein)

0
489

Merumuskan Rumus Sukses

 

 

Banyak orang yang pada masa kecilnya selalu ditanya tentang “apa cita-cita nanti sesudah dewasa”. Pada zaman tahun 50-an jika ada anak yang ditanya seperti itu selalu jawabnya adalah :

“mau jadi dokter”, “mau jadi insinyur” atau “mau jadi tentara”.

Lalu si penanya biasanya menyatakan “ya harus rajin belajar” atau “semoga kamu sukses”. Tentu jika pertanyaan seperti itu sekarang ditanyakan kepada anak-anak maka jawabannya bisa amat banyak dan berbeda dari zaman lalu. Mungkin ada anak yang bilang “aku mau jadi presiden”, “aku mau jadi panglima”, “aku mau jadi anggota DPR”, “aku mau jadi selebriti”, “aku mau jadi Ketua KPK” dan sebagainya, dan sebagainya.

 

Setiap orang memiliki cita-cita, setiap orang punya mimpi tentang masa depannya. Gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang dilangit, ujar seorang tokoh. Maka semua orang harus memiliki cita-cita, tanpa memiliki cita-cita keorangan seseorang kehilangan hakikatnya yang mendasar.

 

Maka pada waktu kita di Sekolah Rakjat (kini SD) maka semua murid diminta mengarang dengan judul yang ditetapkan Guru “Cita-citaku jika sudah dewasa”. Biasanya bapak atau ibu guru membaca karangan kita yang sudah terkumpul. Ia bertanya kepada seorang murid mengapa bercita-cita seperti itu lalu bagaimna cara mencapai cita-cita itu. Biasanya guru memberi nasihat atau tip-tip yang diperlukan bagaimana cara mencapai cita-cita itu.

 

Ada banyak orang yang merumuskan cita-citanya dengan baik. Cita-cita juga adalah sebuah obsesi tentang masa depan. Mahatma Gandhi misalnya merumuskan cita-citanya : “Berusaha, Mencari, Menemukan, dan Tidak Menyerah.”

 

Para orang besar baik di bidang politik kenegaraan maupun dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki jalan atau tip masing-masing dalam meraih keberhasilan. Nehru seorang tokoh India punya pandangan sendiri tentang keberhasilan. Menurut Nehru keberhasilan biasanya  datang kepada orang-orang yang berani dan bertindak; jarang datang kepada orang malu malu yang takut dengan segala konsekuensinya.

Baca juga  GEREJA 57 SEN

 

Menarik untuk membaca pikiran Einstein tentang keberhasilan atau sukses. Menurut Einstein, Sukses adalah WORK + PLAY + KEEP YOUR MOUTH SHUT. Tiga unsur itu menjadi unsur penentu dari keberhasilan. Mari kita coba implementasikan gagasan Einstein itu dalam ruang-ruang kehidupan.

 

Selamat berjuang. God bless.

 

Weinata Sairin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here