Pdt. Jacobus Manuputty: Lebih Baik membahas Kebaikan Tuhan Daripada Membicarakan Keburukan Sesama “

0
653

 

Dimana-mana orang suka berbicara dan bercakap-cakap tentang berbagai hal dalam kehidupan ini. Mungkin saja karena kehidupan ini terlalu kompleks dengan rupa-rupa permasalahan, sehingga tidak pernah habis dibicarakan oleh manusia di belahan bumi manapun. Juga karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa manusia lain, sehingga kemanapun dan dimanapun selalu ingin bersama. Kebersamaan inilah yang kadang bisa menghasilkan banyak hal positif, tetapi kadang pula melahirkan hal-hal negatif. Salah satu hal negatif yg cenderung menjadi sifat dasar manusia dimanapun ialah, ” Suka Membicarakan Keburukan Sesama “. Rupanya keburukan sesama lebih dilihat sebagai “santapan lesat” untuk dibicarakan, ketimbang membicarakan dan membahas kelebihan-kelebihan oranglain.

Nah, Tuhan mengingatkan kita untuk waspada terhadap sifat-sifat buruk yang kadang kita miliki tanpa sadar.

” LEBIH BAIK MEMBAHAS KEBAIKAN TUHAN DARIPADA MEMBICARAKAN KEBURUKAN SESAMA “. Mengapa? Ada 5 hal penting yang terkandung dari kalimat ini, antara lain :

 

1. BAHAS KEBAIKAN TUHAN MENENTERAMKAN HATI KITA :

Dengan membahas kebaikan Tuhan, kita dapat merasakan Cinta Kasih-Nya, Perhatian dan Kepedulian-Nya. Ini membuat hati kita lebih Tenteram, lebih Damai dan lebih Sejahtera karena Tuhan hadir disana.

 

2. MEMBICARAKAN KEBURUKAN SESAMA MAKIN MEMBUKA KEBURUKAN DIRI KITA :

Makin kita membicarakan keburukan sesama, makin terbuka keburukan diri kita sendiri, karena orang akan menilai siapa kita dari apa yang kita percakapkan. Karena orang baik, pasti selalu bicara hal-hal baik.

 

3. BAHAS KEBAIKAN TUHAN TIDAK PERNAH RUGI :

Membahas Kebaikan Tuhan tidak pernah merugikan diri kita, justeru menambah  Gairah dan Motivasi diri untuk lebih berbuat baik bagi sesama. Karena tidak ada guna hanya membahas dan tidak menerapkan nyata.

Baca juga  Jangan Takut. Allah Selalu Hadir bagi Kita

 

4. BICARAKAN KEBURUKAN SESAMA TIDAK ADA MANFAATNYA :

Tidak ada manfaat apa-apa yang akan kita dapatkan dengan membicarakan keburukan oranglain. Sebaliknya akan merugikan diri kita sendiri, karena rugi waktu, enersi kita, pikiran kita dan melelahkan hati kita.

 

5. BAHAS KEBAIKAN TUHAN DIA HADIR, BAHAS KEBURUKAN SESAMA IBLIS HADIR :

Membahas Kebaikan Tuhan, Dia akan hadir dengan Kuasa Roh-Nya untuk lebih menterjemahkan maknanya. Sedangkan membicarakan keburukan sesama, iblis akan hadir disana untuk memanas-manasi.

 

Inilah pilihan-pilihan cerdas kita yang diberi secara bebas oleh Tuhan!

 

Selamat beraktivitas dalam kecerdasan Iman! Gb.     jm.     041017.

Sediakan waktumu untuk Tuhan dan kebaikan bagi sesamamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here