Menyalahgunakan Wewenang

0
379

Oleh: Pdt. Andreas Loanka

 

BGA dari Ester 3:1-7

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wewenang adalah: 1. hak dan kekuasaan untuk bertindak; 2. Kekuasaan membuat keputusan, memerintah, dan melimpahkan tenggung jawab kepada orang lain (KBI, ed.3, 2007). Dengan kata lain, wewenang adalah kekuasaan resmi (pejabat) untuk bertindak atau menyuruh orang lain untuk bertindak dan taat kepada pihak yang memiliki wewenang itu.

 

Pada saat orang mendapatkan wewenang, disitulah dia diuji: Apakah ia dapat menggunakan wewenang itu dengan baik atau tidak? Apakah dia dapat menggunakan wewenang untuk kemajuan rakyat yang dipimpinnya, atau justru menyalahgunakan wewenangnya hanya untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya saja?

 

Haman bin Hamenada dikaruniai kebesaran oleh raja Ahasyweros dan pangkatnya dinaikkan di atas semua pejabat lain.  Ia mempunyai kedudukan yang tinggi dan wewenang yang sangat besar. Sayangnya, ia tidak menggunakan wewenangnya dengan baik. Ia menyalahgunakan kewenangannya untuk kepentingan dan kemauan dirinya sendiri. Pada saat ia diberitahu bawahannya bahwa Mordekhai tidak berlutut dan tidak sujud kepadanya, dan kemudian melihatnya sendiri, sangatlah panas hatinya. Ia bukan hanya mau menggunakan wewenangnya untuk menghukum Mordekhai, karena menganggap dirinya terlalu hina untuk membunuh Mordekai saja, tetapi ia mau memusnahkan semua orang Yahudi, yakni bangsa Mordekhai, di seluruh kerajaan Ahasyweros.

 

Seorang pejabat yang mendapatkan wewenang untuk bertindak mestinya menggunakan wewenangnya itu dengan baik untuk kepentingan dan kebaikan rakyat yang dipimpinnya. Pejabat yang baik menggunakan kekuasaan dengan hikmat, bukan dengan paksaan baik secara fisik atau mental, untuk memimpin rakyatnya mencapai hasik yang baik. Tapi Haman justru melakukan hal yang sebaliknya. Biarlah kesalahan Haman dapat menjadi pelajaran bagi kita agar tidak jatuh ke dalam lobang yang sama.

Baca juga  YESUS TETAP SETIA 

 

 

 

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Salam dan doa dari:

Pdt. Andreas Loanka

GKI Gading Sepong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here