Pdt. Jacobus Manuputty: Semua Kebaikan Tidak Pernah Jatuh Ditanah 

0
384

Hanya orang-orang baiklah yang selalu bersikap dan berperilaku baik, sekalipun mereka kadang diperlakukan tidak baik. Karena kebaikan itu milik Allah yang sudah melekat, menyatu dan sudah menjadi bagian dari “habbit”nya. Perilaku hidup baik itu tidak boleh dibuat-buat, bukan kamuflase atau sandiwara satu babak yang bisa cepat berganti-ganti perannya.. tetapi sesuatu yang konstan dan tidak mudah dipengaruhi kearah yang sebaliknya.

 

Dalam interaksi sosial dengan orang lain, kadang ujian-ujian kebaikan itu terjadi.. apakah kita pribadi yang baik, apakah kita mudah tersinggung, mudah marah, pembenci, suka simpan kesalahan atau suka balas kejahatan dengan kejahatan. Ini semua ujian terhadap murni tidaknya kebaikan itu dalam diri kita. Orang baik itu “setengah malaikat”, tidak mudah tersinggung, tidak mudah marah, mampu membalas kejahatan dengan kebaikan, tidak suka menyimpan kesalahan, pemaaf dan tidak suka menyakiti.

 

Karena itu semua sifat-sifat Tuhan yang ada didalam dirinya, dicerna dengan sungguh-sungguh dan kemudian disalurkan melalui perilaku hidupnya yang nyata. Kalau kebaikan milik Tuhan sudah menyatu dalam diri kita, maka kita bisa disebut “setengah malaikat”, bukan “wajahnya malaekat tetapi hati iblis”.Nah semua kebaikan yang kita hidangkan melaui perilaku hidup ini, “tidak akan pernah jatuh ketanah”.  Artinya, Tuhan akan menatang diri kita, Dia akan menopang hidup kita sehingga tidak mudah jatuh dan jadi korban kebencian, iri hati, dengki dan fitnah manusia.

 

Karena Kebaikan itu sebuah kualitas Iman dari kehidupan anak-anak Tuhan. Hidup kita akan tetap eksis, sehingga kita mampu menghadirkan damai ditengah pertikaian, kasih ditengah kebencian, dan mampu memberi maaf ditengah mereka yang suka menyimpan kesalahan. Apakah anda mau jadi “setengah malaekat” atau “wajahnya doang malaekat, tetapi hatinya iblis”. Saya yakin ini bukan pilihan sulit bagi anda dan saya! Biarkan Tuhan-mu tersenyum!

 

Selamat menjalani hari baru di pekan yang baru! Gb.  jm.  260917.

Untuk semua yang mencintai kebaikan, Tuhan ada disana. Gbu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here